Tarian kolosal dengan tema "Hangukuhi Jatining Diri " yang diperagakan 192 Penari di Bantul, Kamis (20/7/2023)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Santosa Suparman

192 Penari Tampil dalam Tarian Kolosal Bertema Hangukuhi Jatining Diri di Bantul

Kamis, 20 Juli 2023 - 23:22 WIB

Bantul, tvonenews.com - Tarian kolosal  dengan tema "Hangukuhi Jatining Diri  " yang melibatkan 192 penari memeriahkan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-192 Kabupaten di Lapangan Trirenggo, Bantul, Kamis (20/7/2023).

Ribuan orang  perwakilan dari tiap - tiap Organisasi Perangkat Daerah ( OPD ), kapanewon atau kecamatan dan Kalurahan se kabupaten Bantul mengikuti upacara Hari Jadi Kabupaten Bantul . 

Prosesi upacara menggunakan bahasa Jawa tersebut dipimpin oleh Bupati Bantul Abdul Halim Muslih. Pusaka Kyai Agnya Murni sebagai simbol tegaknya pemerintahan bersih turut dihadirkan dalam HUT bertema Nyawiji Mbangun Nagari, Resik Lingkungane Sehat, Lan Makmur Wargane tersebut.

Kepala Dinas Kebudayaan  Bantul, Nugroho Eko Setyanto mengatakan tarian kolosal yang melibatkan 192 putra putri Bantul tersebut berjudul Hangukuhi Jatining Diri yang bermakna mengukuhkan jati diri bangsa agar tetap terjaga, membela, dan merengkuh negara.

“ Harapan kami, dengan adanya sendratari Hangukuhi Jatining Diri ini bisa jadi penyemangat kita semua untuk tetap menjaga daerah kita, negara kita sehingga terwujud kesejahteraan,” papar Nugroho Eko Setyanto , di sela-sela upacara HUT Bantul, Kamis ( 20/7).

Nugroho mengatakan 192 penari tersebut merupakan hasil audisi dari putra putri Bantul yang dilaksanakan tanggal 1 Juli 2023 lalu. Tarian kolosal ini menggambarkan  tentang Sumpah Palapa dari Gajah Mada dalam menyatukan Nusantara. 

" Jumlah penari 192 orang disesuaikan dengan Hari Jadi ke-192 Kabupaten Bantul.  Sementara itu, Korelasi  tarian kolosal yang menggambar sumpah palapa dengan hari jadi Bantul bahwa Bantul merupakan bagian dari NKRI. Adanya Sumpah Palapa menyatukan Nusantara, dari Bantul mengukuhkan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tuturnya..

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:19
10:33
02:40
03:11
16:04
02:56
Viral