Ilustrasi kehamilan.
Sumber :
  • Pixabay

Puluhan Remaja di Gunungkidul Hamil di Luar Nikah, Picu Laju Pernikahan Dini

Kamis, 3 Agustus 2023 - 10:01 WIB

Gunungkidul, tvOnenews.com - Maraknya kasus remaja yang hamil di luar nikah di Gunungkidul, Yogyakarta, menjadi perhatian serius pemerintah kabupaten setempat. Berbagai upaya dilakukan untuk menekan laju pernikahan dini.

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta, mengungkapkan, dalam setiap kesempatan ia selalu menekankan gerakan anti pernikahan dini. Hal ini merupakan salah satu cara agar orang orang tua turut serta mencegah tingginya permohononan dispensasi nikah. 

Selama ini penyebab pernikahan dini lebih banyak disebabkan karena hamil di luar nikah.

“Makanya penting menumbuhkan motivasi kepada anak-anak untuk memiliki cita-cita dan berupaya mewujudkannya menjadi kenyataan. Setidaknya upaya pernikahan dini bisa dicegah dengan cara ini,” katanya, Kamis (3/8/2023).

Dari data yang ada, kasus pernikahan dini di Gunungkidul tahun 2022 lalu ada 182 kasus, sedangkan di tahun ini ada 97 kasus. Dari jumlah tersebut, 33 remaja kondisinya sudah hamil sebelum dinikahkan. 

“Kondisi seperti ini gak bisa dibiarkan. Ini bisa berpengaruh pada Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Gunungkidul,” imbuhnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawaty, mengatakan pihaknya siap berpartisipasi dalam upaya pencegahan pernikahan dini, dengan melibatkan kader kesehatan di setiap kalurahan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral