Pertunjukan Tari Montro, kesenian daerah asli Bantul, Yogyakarta, Senin (7/8/2023)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Santosa Suparman

10 Ribu Pelajar di Bantul akan Menari Massal Tari Montro di Kawasan Parangtritis

Senin, 7 Agustus 2023 - 21:37 WIB

Bantul, tvOnenews.com - Kabupaten Bantul, Yogyakarta telah memproklamirkan diri sebagai kota kreatif kriya dan kesenian rakyat dunia.

Sebagai upaya mengukuhkan dan merealisasikan sebagai kota kreatif dan kesenian rakyat dunia, Bantul bakal menggelar Creative City Festival 2023 dengan pertunjukan kolosal yang melibatkan 10 ribu pelajar tingkat menengah atas.

10 ribu pelajar SMA/ SMK se Bantul ini akan menari tari montro di Pantai Parangkusumo, Parangtritis pada Sabtu (26/8/2023) mendatang.

Tari Montro  adalah kesenian khas Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kesenian ini pertama kali ditemukan di Kauman, Pleret dan diciptakan oleh Kanjeng Pangeran Yudhonegoro, atau menantu dari Sultan Hamengkubuwono VIII.

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih mengatakan, selain untuk rangkaian kegiatan HUT Bantul ke-179 dan HUT RI ke-78, tari montro oleh 10 ribu pelajar SMA/ SMK se Bantul ini  juga untuk memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI).

" Maksud tujuan lainnya, kegiatan ini juga semakin mengukuhkan Bantul sebagai kota kreatif kriya dan kesenian rakyat. Bantul telah dikenal sebagai gudangnya seniman. Disini ada sekolah seni terlengkap di Indonesia," tegas Halim.

Halim menambahkan dipilihnya tari montro dalam kegiatan tersebut karena tarian tersebut merupakan tarian khas Bumi Projotamansari dan telah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda oleh pemerintah.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:25
05:06
03:25
02:07
06:34
01:19
Viral