Gunung Api Purba Nglanggeran masuk dalam Geosite Gunung Sewu..
Sumber :
  • Tim tvOne - Lucas Didit

Direvalidasi, Status UNESCO Global Geopark Gunung Sewu Optimistis Bisa Dipertahankan

Kamis, 10 Agustus 2023 - 12:42 WIB

Gunungkidul, tvOnenews.com - Menyusul kedatangan asesor yang melakukan penilaian  di akhir Juli lalu, Dinas Pariwisata Gunungkidul optimistis status UNESCO Global Geopark (UGG) Gunung Sewu dapat dipertahankan.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Hary Sukmono, mengungkapkan, revalidasi Geopark Gunung Sewu sudah dilakukan di sejumlah geosite, yakni Gunungkidul, Wonogiri, dan Pacitan, pada 25-30 Juli 2023.

Penilaian di Gunungkidul berlangsung antara 28-29 Juli dengan melihat geosite di Gunung Api Purba Nglanggeran, Wediombo, Kalisuci, serta geopark corner di SMP Negeri 1 Wonosari.

"Dalam revalidasi tersebut, tim penilai UNESCO memberikan sejumlah catatan, yang menyangkut administrasi berkaitan dengan informasi mitigasi bencana, perubahan iklim hingga peta kawasan pemanfaatan pertambangan di Gunungkidul, kata Hari, Kamis (10/8/2023). 

“Sebenarnya yang menjadi catatan itu sudah kami siapkan, hanya belum disajikan saat penilaian. Karenanya kami serahkan ke asesor sebagai informasi pelengkap dalam bentuk dokumen,” imbuhnya. 

Harry mengatakan, hampir di setiap geosite yang dikunjungi ada catatan, namun permasalahannya berbeda-beda. Namun begitu, ia menyakini hal tersebut tidak akan mempengaruhi penilaian. 

" Kami optimistis status UGG Gunung Sewu dapat dipertahankan untuk 4 tahun ke depan. Penentuannya akan berlangsung pada konferensi di Maroko September mendatang,” ujarnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
22:31
02:12
09:21
17:30
00:55
01:19
Viral