Lukisan Djoko Pekik 'Berburu Celeng' Gambarkan Keadaan Pemimpin di Masa Orde Baru.
Sumber :
  • Istimewa

Lukisan Djoko Pekik 'Berburu Celeng' Gambarkan Keadaan Pemimpin di Masa Orde Baru

Sabtu, 12 Agustus 2023 - 14:20 WIB

Yogyakarta, tvOnenews.com - Seniman lukis Djoko Pekik hari ini telah berpulang. Namun, banyak kisah dan pelajaran dari sang Maestro selalu diwariskan untuk generasi masa kini. Ungkapan duka datang dari berbagai sahabat, teman-teman maupun siapa saja yang mengenal sosok Djoko Pekik.  

Ungkapan duka cita atas berpulangnya sang maestro lukis itu baik kalangan generasi muda dan membanjiri media sosial. "Sugeng tindak, Pak Pekik. Matur nuwun atas kenangan saat dulu di rumah njenengan, semoga langgeng bahagia," ungkap Tetuko, salah satu warga Yogyakarta.

Sementara akun IG omah_petroek menyampaikan ucapan duka cita "Kami turut berduka cita atas berpulangnya Sang Maestro Lukis Bp. Djoko Pekik, pada hari ini Sabtu 12 Agustus 2023. Semoga diberikan kedamaian abadi bersama Bapa di Surga," tulis akun IG omah_petroek.

Dikutip dari wikipedia Djoko Pekik (2 Januari 1937 – 12 Agustus 2023) adalah seorang seniman lukis Indonesia. Karya lukisnya yang terkenal adalah Berburu Celeng, yang menggambarkan keadaan para pemimpin Indonesia pada masa Orde Baru.

Selama perjalanan kariernya dalam dunia lukis, ia pernah beberapa kali menggelar pameran. Sebelum tahun 1965, ia menggelar 3–4 kali pameran karyanya di Jakarta, kemudian vakum. 

Pada tahun 1990, Djoko Pekik kembali menggelar pameran di Edwin's Gallery Jakarta dan disusul dengan pameran lain. Pada tahun 1998, ia mengadakan pameran aneh dan tak lazim di Bentara Budaya Yogyakarta (BBY).

Selama pagelaran pameran sehari semalam tersebut, ia hanya menampilkan satu buah lukisan.Gaya pelukisan Djoko Pekik adalah realis-ekspresif dan dibumbui nilai-nilai kerakyatan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:19
00:55
01:06
01:48
01:38
06:57
Viral