Suasana upacara bendera di kawasan jalan Malioboro dengan menggunakan busana adat nusantara, Kamis (17/8).
Sumber :
  • Tim tvOne - Nuryanto

Pelaku UMKM di Malioboro Yogyakarta Gelar Upacara 17 Agustus dengan Busana Adat Nusantara

Kamis, 17 Agustus 2023 - 11:46 WIB

Yogyakarta, tvOnenews.com - Puluhan pelaku usaha dan UMKM di kawasan Jalan Malioboro Yogyakarta, menggelar Upacara Bendera 17 Agustus dengan cara unik. Upacara bendera ini diikuti para peserta mengenakan baju adat nusantara sehingga menjadi daya tarik wisatawan.

Menurut panitia, Yanuar Nugroho, upacara bendera mengenakan baju adat nusantara ini sebagai upaya mengenalkan kekayaan budaya nusantara kepada masyarakat luas dan wisatawan.

"Ya kita mencoba untuk mengingatkan kembali bahwa kekayaan budaya dan adat di Indonesia itu sangat beragam. Salah satunya ya baju adat nusantara. Kita melakukan upacara bendera ini untuk memeperingati hari kemerdekaan HUT RI ke 78," ungkap Yanuar.

Upacara bendera ini dimulai sekitar pukul 09.00 WIB, bertempat di pelataran Hamzah Batik Malioboro di kawasan pedestrian Malioboro.

Para peserta mengenakan baju adat dari Aceh hingga Papua, juga baju adat dari Padang, Jawa, Bali, NTT, Kalimantan hingga Sulawesi dan Maluku.

"Usai pengibaran bendera merah putih kita juga membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan RI serta menyanyikan lagu Indonesia Raya." jelas Yanuar.

Salah satu peserta, Dahrul Efendi, yang juga wisatawan asal Padang mengaku sangat senang bisa berpartisipasi dalam kegiatan upacara bendera di Malioboro.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral