Warga memindahkan kambing piaraannya dari ladang ke kandang di rumahnya..
Sumber :
  • Tim tvOne - Lucas Didit

Dalam Dua Pekan, 8 Kambing di Tepus Gunungkidul Mati Diserang Hewan Liar

Jumat, 25 Agustus 2023 - 10:03 WIB

Gunungkidul, tvOnenews.com - Sebanyak 8 ekor kambing milik warga di Kalurahan Purwodadi, Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta mati diserang hewan liar. Untuk mengurangi risiko serangan, perangkat kalurahan setempat meminta ternak yang dipelihara/dikandangkan di ladang agar dipindahkan ke rumah.

Menurut Ulu-Ulu Kalurahan Purwodadi, Suroyo, memasuki puncak musim kemarau serangan hewan liar terhadap ternak warga meningkat. Kejadian pertama muncul pada 8 Agustus 2023, dimana seekor kambing milik warga Dusun Ngandong mati digigit hewan liar.

Setelah kejadian tersebut, teror hewan liar terus berlanjut, yakni pada 19/8/2023 lalu ada 2 ekor kambing milik warga Dusun Cakbohol mati digigit hewan liar.

"Di rentang waktu 8-19 Agustus, serangan hewwn liar juga terjadi di 6 dusun lainnya, yakni di Dusun Ngandong, Cepogo, Ngande-ande, Cakbohol dan Dusun Danggolo. Jadi totalnya ada 11 ekor kambing yang diserang, namun 3 ekor diantaranya bisa melarikan diri dari serangan. Jumlah yang mati ada 8 ekor kambing,” kata Suroyo, Jumat (25/8/2023).

Diungkapkan Suroyo, kejadian serangan hewan liar bukan hal yang baru di Kalurahan Purwodadi, mengingat peristiwa serupa sudah terjadi hampir setiap tahun, terlebih menjelang puncak musim kemarau.

Hewan liar yang dimungkinkan kawanan anjing liar itu mengincar ternak warga yang dipelihara atau dikandangkan di ladang yang jauh dari pemukiman warga, sehingga tidak ada pengawasan pada malam hari.

"Kami sudah menghimbau pada warga pemilik ternak agar memindahkan hewannya dekat dengan rumah,” ujarnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:38
02:46
01:38
03:09
10:13
04:52
Viral