Pembukaan The 5th INA-TIME 2023 di Yogyakarta..
Sumber :
  • Tim tvOne - Andri Prasetiyo

Ahli Tuberkulosis Dunia Berkumpul di Yogyakarta, Bahas Percepatan Eliminasi TBC

Jumat, 1 September 2023 - 09:25 WIB

Sleman, tvOnenews.com - Para ahli Tuberkulosis (TBC) berkumpul di Yogyakarta dalam The 5th INA-TIME 2023 (Indonesia Tuberculosis International Research Meeting). Agenda tahunan Kementerian Kesehatan RI ini berlangsung pada 31 Agustus hingga 2 September 2023.

Acara ini dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan DIY Pembajun Setyaningastutie yang mewakili Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, di Sahid Hotel Yogyakarta, Jumat, 1 September 2023.

Pada tahun ini, Pusat Kedokteran Tropis UGM dipercaya sebagai penyelenggara, bekerja sama dengan Jetset TB (Jejaring Riset Tuberkulosis Indonesia). Kegiatan diikuti lebih dari 300 peserta yang meliputi tenaga kesehatan, peneliti, pembuat kebijakan, hingga praktisi sosial yang memiliki perhatian khusus terkait isu pengendalian TBC.

Tak hanya dari dalam negeri, para ahli yang terlibat dalam acara ini juga berasal dari luar negeri, baik yang hadir secara luring maupun daring.

Melalui ajang international ini diharapkan akan tercipta kolaborasi dan pertukaran pengetahuan yang akan berkontribusi dalam upaya percepatan eliminasi TBC di Indonesia dan global. 

TBC masih menjadi permasalahan kesehatan di Indonesia. Berdasarkan data Global TB Report 2022, Indonesia menempati urutan kedua sebagai negara dengan beban TBC tertinggi di dunia setelah India.

Laporan yang diterbitkan oleh World Health Organization (WHO) ini mengisyaratkan perlunya terobosan baru dalam penanganan penyakit yang disebabkan oleh bakteri mycobacterium tuberculosis ini.

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral