Rektor UII Fathul Wahid..
Sumber :
  • Tim tvOne - Andri Prasetiyo

UII Sebut Kekerasan terhadap Warga Rempang Langgar Martabat Kemanusiaan

Kamis, 14 September 2023 - 13:14 WIB

Sleman, tvOnenews.com - Penggusuran yang berujung bentrok antara aparat dengan warga Rempang, Kepulauan Riau, menuai kecaman dari berbagai pihak. Salah satunya datang dari Universitas Islam Indonesia (UII).

Perguruan tinggi nasional swasta tertua di Indonesia itu mengeluarkan pernyataan sikap terkait kekerasan tersebut. Pernyataan sikap itu ditulis oleh Rektor UII Fathul Wahid, Kepala Pusat Studi Hak Asasi Manusia UII Eko Riyadi, dan 12 orang dari Majelis Guru Besar UII.

Menurut UII, penggunaan kekerasan terhadap warga Rempang melanggar martabat kemanusiaan.

"Nurani warga Universitas Islam Indonesia (UII) sebagai bagian elemen bangsa terusik oleh kekerasan terhadap warga Rempang, Kepulauan Riau," tulis pernyataan sikap tersebut yang diterima tvOnenews.com, Kamis (14/9/2023).

Dalam pernyataan sikap tersebut, UII mendorong setiap upaya pembangunan yang memajukan kehidupan bangsa. Apalagi di wilayah yang belum mendapatkan perhatian serius dari negara.

Namun demikian, pembangunan hendaknya dilakukan dengan tetap menghormati hak-hak dasar warga negara. Sebagaimana yang diperintahkan oleh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. 

Setelah membaca, mencermati, dan mendalami situasi kekerasan yang terjadi sebagai respons atas penolakan terhadap proyek Rempang Eco-City, UII menyatakan sikap yang tertuang dalam 5 poin, yakni;

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:33
02:33
01:15
01:45
08:58
01:43
Viral