Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan ketika menjadi pembicara dalam acara Jumat Curhat Kapolda DIY di JEC, Jumat (6/10).
Sumber :
  • Tim tvOne - Santosa Suparman

Redam Kasus Kejahatan Jalanan, Polda DIY Siapkan Program Ibu Memanggil

Jumat, 6 Oktober 2023 - 22:58 WIB

Bantul, tvOnenews.com - Kasus kejahatan jalanan atau klithih mendapatkan perhatian serius dari jajaran Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Berbagai langkah dilakukan untuk mengatisipasi dan meminimalisir terjadinya kejahatan jalanan. Diantaranya secara terus menerus dilakukan patroli dan operasi.  Selain patroli dan operasi, Polda DIY membuat program ' Ibu Memanggil'.

Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan mengatakan, pihaknya membuat program ‘ibu memanggil’ dalam rangka meminimalisir kasus kejahatan jalanan atau lebih dikenal dengan klithih yang dilakukan oleh anak - anak.

“Kami mengenalkan program ‘ibu memanggil’, maksudnya ibu harus menghubungi anaknya sebanyak 10 kali. Apabila tidak terhubung dan tidak ada balasan maka dipersilahkan untuk berkoordinasi dengan Polri/TNI.  Yakni dapat menghubungi Bhabinkamtibmas dan Babinsa untuk menyelesaikan setiap ada permasalahan anak pada malam hari,” ungkap Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Naionggolan pada Jumat Curhat di Jogja Expo Center (JEC) Banguntapan, Kabupaten Bantul, Jumat (6/10/2023). 

Irjen Pol Suwondo Nainggolan menambahkan dengan adanya program ‘ibu memanggil’ diharapkan peran dari para ibu agar lebih aktif untuk memberikan perhatian kepada anak-anaknya.

“Saat ini kami telah menyebar personel di titik-titik wilayah Jogja untuk mempersempit ruang gerak mereka,” tegas Kapolda DIY.

Kapolda DIY Irjen Suwondo Nainggolan mengajak orang tua untuk memberikan perhatian lebih kepada anak yang menginjak remaja.  Orang tua, imbuh Kapolda DIY khususnya ibu-ibu harus bisa berkomunikasi dengan anak, untuk mencegah terjadinya kasus kejahatan jalanan yang sempat marak di wilayah DIY. 

“Saya harap agar orang tua lebih berperan aktif untuk menjaga anak anaknya di rumah dan senantiasa memberikan perhatian lebih,” ujarnya. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral