Para korban kasus jual beli apartemen Malioboro City mendatangi kantor BPSK DIY, Kamis (19/10/2023)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Nuryanto

Korban Apartemen Malioboro City Mengadu BPSK DIY, Tanyakan Soal Pemanggilan Terhadap Pengembang

Kamis, 19 Oktober 2023 - 16:39 WIB

Yogyakarta, tvOnenews.com - Para korban kasus jual beli Apartemen Malioboro City mendatangi kantor Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) di Jalan Kusumanegara Yogyakarta untuk meminta kejelasan terkait nasib mereka, Kamis (19/10/2023).

Para korban tak hanya datang dari DIY dan sekitarnya namun dari luar Jawa hingga Papua. Mereka juga mengadukan nasib mereka uang selama 10 tahun tanpa kejelasan terkait status hak milik yang belum diberikan meskipun telah membayar lunas.

Salah satu korban, Samuel asal Papua menyampaikan bahwa dirinya membeli apartemen sebagai usaha investasi dan berharap dimasa pensiunnya bisa tinggal di kota Yogyakarta. Namun, hingga saar ini dirinya hanya menunggu tanpa kejelasan nasib.

"  Saya bersama teman-teman seperjuangan ini hanya ingin hak kami sebagai komsumen bisa terpenuhi karena kewajiban kami membayar lunas sudah kami lakukan. Saya kesini ingjlin menanyakan ke BPSK Provinsi DIY apa yang dapat dilakukan oleh BPSK.

Dalam hal ini ketika proses persidangan di BPSK sudah berjalan dan pelaku usaha sudah 3 kali diundang tetapi  tidak datang. Apakah BPSK tidak memiliki power dalam  bergerak atau bertindak dalam membantu melindungi konsumen (dalam kasus malioboro city ini)?," jelas Samuel.

Sementara koordinator para korban, Budijono, menanyakan sejauh mana kekuatan hukum BPSK dalam memberikan perlindungan dan solusi terhadap para konsumen atau korban terhadp pelaku usaha yg merugikan konsumen seperti yg terjadi dalam kasus malioboro city ini.

"Dalam kasus penipuan yang dilakukan oleh pengembang yang berbadan hukum Perseroan Terbatas, siapa saja yang harus bertanggung jawab. Apakah hanya direktur saja atau termasuk komisaris selaku pemilik perusahaan dan penikmat manfaat dari uang pembayaran yang di gelapkan? Kalau ya.. apakah ada alas hukum yang mendasarinya?," ungkap Budijono.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral