Produk UMKM DIY..
Sumber :
  • Tim tvOne - Andri Prasetiyo

UMKM DIY Tumbuh Signifikan Pasca Pandemi, Produknya Bakal Penuhi Toko Oleh-Oleh

Selasa, 31 Oktober 2023 - 17:26 WIB

Sleman, tvOnenews.com - Jumlah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tumbuh signifikan pasca pandemi Covid-19. Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DIY mencatat ada pertumbuhan sekitar 45 persen UMKM di DIY.

"Untuk perekonomian UMKM di DIY sudah naik kurang lebih sampai 45 persen dari yang kemarin kena Corona kita gak bisa gerak, sekarang naik terus," kata Wakil Ketua Kadin DIY Jacky Latupeirissa di sela acara Gathering & Bisnis Matching UMKM di Sleman, Selasa (31/10/2023).

Tumbuhnya jumlah UMKM di DIY salah satu faktornya karena semakin terbukanya akses berjualan. Mulai dari berjualan secara online melalui ecommerce, hingga menitipkan produknya di toko oleh-oleh.

Terlebih saat ini beberapa toko oleh-oleh di DIY mulai menyediakan ruang khusus untuk penjualan produk UMKM. Salah satu contohnya di toko Bakpia Tugu Jogja.

"Space di toko kami sekitar 30 sampai 40 persen kita sediakan untuk UMKM. Sehingga kita terdorong untuk bagaimana berkolaborasi dengan Dinas Koperasi dan UMKM Sleman untuk mengajak UMKM ini bisa naik kelas," ujar Marketing Direktur Bakpia Tugu Jogja Nanang Iswanto.

Meski demikian, ada sejumlah persyaratan agar produk UMKM bisa masuk ke toko oleh-oleh. Salah satunya harus lolos kurasi dari dinas terkait dan kurasi dari toko itu sendiri.

Selain itu, kualitas produk juga harus memenuhi standar yang ditetapkan. Kemudian, kemasan atau packaging dari produk tersebut juga harus bagus dan menarik.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:32
06:34
05:09
01:34
02:08
01:24
Viral