Aktivitas di Pasar Beringharjo Yogyakarta.
Sumber :
  • Tim tvOne - Nuryanto

Harga Cabai Melejit di Pasar Beringharjo Yogyakarta, Pedagang Sebut Pembelian Menurun

Rabu, 1 November 2023 - 11:42 WIB

Yogyakarta, tvOnenews.com - Harga komoditas cabai jenis rawit merah di deretan pasar tradisional di Kota Yogyakarta melejit hingga Rp75 ribu per kilogram. Bahkan, harga banderol cabai yang jauh melonjak di atas rata-rata tersebut, tercatat menjadi rekor tertinggi sepanjang tahun 2023.

Salah satu pedagang di Pasar Beringharjo, Ida Habibah, mengatakan, harga cabai terutama untuk jenis rawit merah sudah melonjak sejak kisaran dua pekan terakhir.

Lonjakan harga tersebut, selaras dengan peningkatan banderol 90 persen komoditas sayur mayur yang diperdagangkannya sehari-hari.

"Terus seminggu ini cabai naiknya sudah lima kali. Sekarang harganya Rp75 ribu. Ini rekor selama 2023. Lebaran kemarin saja nggak sampai segitu, paling tinggi Rp60 ribu," katanya, Rabu (1/11/23).

Menurutnya, kemarau panjang yang melanda sejumlah daerah penghasil sayur mayur, khususnya di wilayah DIY dan Jawa Tengah, menjadi penyebab utama fluktuatifnya harga cabai.

Akibatnya, para pedagang pun harus mengurangi stok, karena dilanda kekhawatiran harga cabai nantinya mendadak turun drastis.

"Hari ini sebenarnya turun di Rp70 ribu. Tapi, kami nggak mau nurunin harga dulu. Baru satu hari, kok, takutnya besok naik lagi," katanya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral