Gejala-gejala penyakit cacar monyet..
Sumber :
  • Tim tvOne - Nuryanto

Waspada Cacar Monyet, Dinkes Kota Yogyakarta Siapkan Fasilitas Pelayanan Kesehatan

Kamis, 2 November 2023 - 10:08 WIB

 

Yogyakarta, tvOnenews.com - Upaya pencegahan wabah cacar monyet dilakukan Pemerintah Kota Yogyakarta melalui berbagai persiapan seperti gasilitas kesehatan hingga sosialisasi kepada masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Emma Rahmi Aryani menjelaskan, cacar monyet adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus cacar monyet. Penyakit cacar monyet masuk dalam kelompok zoonosis yaitu penyakit yang bisa ditularkan melalui hewan ke manusia atau sebaliknya.

Namun sekarang, penularan cacar monyet sudah banyak berkembang antar manusia. Diharapkan penularan cacar monyet tidak sampai ke Yogyakarta.

“Secara klinis, gejala-gejalanya (penyakit cacar monyet) hampir sama dengan cacar air. Hanya bedanya kalau yang cacar monyet ini ada lesi cacar berupa benjolan berisi air atau nanah. Juga ada pembesaran kelenjar getah bening,” terang Emma, Kamis (2/11/2023).

Dia menyatakan penularan penyakit cacar monyet ini melalui sentuhan dengan orang maupun hewan yang terkena cacar monyet.

Penularan juga bisa melalui udara saat berbicara tatap muka dan berhubungan seks dengan orang yang terkena cacar monyet. Oleh sebab itu untuk mencegah cacar monyet hindari perilaku seks dengan banyak pasangan dan jangan berhubungan seks dengan pasangan yang menunjukan gejala ruam di kulit.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:32
06:34
05:09
01:34
02:08
01:24
Viral