Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta..
Sumber :
  • Tim tvOne - Andri Prasetiyo

UGM Dorong Tumbuhnya Kepercayaan Berkelanjutan dalam Lingkungan Komunikasi Disruptif

Rabu, 8 November 2023 - 20:54 WIB

Sleman, tvOnenews.com - Program Studi Magister Ilmu Komunikasi, Departemen Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali menggelar Graduate Students Symposium on Communication. Lingkungan komunikasi yang disruptif menjadi fokus bahasan penyelenggaraan simposium tahun ini.

Mengusung tema “Building Sustainable Trust in Disruptive Communication Sphere”, Graduate Students Symposium on Communication yang digelar untuk kedua kalinya ini di antaranya bertujuan mengakui upaya penelitian yang didedikasikan untuk mengatasi masalah kepercayaan dalam konteks lingkungan komunikasi yang semakin disruptif.

Selain itu, symposium ini juga digelar untuk merangsang diskusi dan ide-ide inovatif serta membangun kepercayaan berkelanjutan dalam masyarakat digital kita. 

Ketua Panitia 2nd Graduate Students Symposium on Communication, Mufti Nurlatifah mengatakan bahwa pemilihan tema simposium dipengaruhi oleh situasi lingkungan komunikasi saat ini yang memiliki banyak platform bagi masyarakat untuk berpendapat dan berbagi informasi, namun justru rentan menimbulkan konflik.

“Revolusi teknologi komunikasi digital telah mendorong munculnya ruang komunikasi yang menyediakan platform yang relatif terbuka bagi masyarakat untuk menyampaikan pendapat, berbagi informasi, berpartisipasi dalam diskusi, dan memobilisasi dukungan melalui gerakan sosial." kata Mufti, Rabu (08/11/2023).

"Sayangnya, ruang ini telah berubah menjadi kekacauan dan distorsi, terutama karena penyebaran berita palsu, ujaran kebencian, komersialisasi berlebihan, intervensi politik, dan sebagainya,” lanjutnya.

Mufti melanjutkan, komunikasi memiliki peran penting dalam membangun kepercayaan yang berkelanjutan. Misalnya adalah dialog publik yang menganjurkan peningkatan praktik komunikasi pemerintah.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:52
01:15
01:10
11:40
03:35
01:05
Viral