Aksi solidaritas Palestina di kawasan Titik Nol KM Yogyakarta..
Sumber :
  • Tim tvOne - Nuryanto

Aksi Bela Palestina, Ribuan Massa Penuhi Titik Nol Kilometer Yogyakarta

Sabtu, 11 November 2023 - 20:24 WIB

Yogyakarta, tvOnenews.com - Ribuan umat muslim di Yogyakarta melakukan aksi solidaritas untuk bangsa Palestina di kawasan Titik Nol Kilometer.

Aksi solidaritas Palestina ini digelar oleh berbagai elemen maupun kalangan masyarakat mulai dari para asatidz, tokoh masyarakat, pengusaha, pedagang pasar, buruh, mahasiswa pelajar, santri, konten kreator, driver online, dan berbagai ormas sebagai bentuk dukungan bagi kemerdekaan bangsa Palestina. 

Aksi solidaritas tersebut digelar sejak pukul 07.30 dan berlangsung hingga 10.30 WIB, Sabtu (11/11/2023). Massa dari berbagai elemen dan ormas Islam di Yogyakarta ini pun terus menggemakan takbir sambil berorasi menentang kebiadaban Israel

Dalam aksinya massa juga membawa berbagai atribut termasuk membawa bendera Indonesia dan Palestina, dan berbagai poster mendukung kemerdekaan bangsa Palestina. 

Aksi solidaritas "Kirab Akbar Palestina" digelar dengan berjalan kaki sebagai bentuk dukungan kemerdekaan bangsa Palestina sekaligus mengutuk Israel. 

Dalam orasinya, umat muslim di Yogyakarta menyerukan bahwa tindakan militer Israel merupakan kejahatan perang dan genosida, karena banyak korban dari warga sipil yang tidak berdosa. 

Salah satu peserta aksi, Khoirul, menyampaikan bahwa kekejaman Israel harus segera dihentikan.

 "Kita melihat semakin kesini Israel makin membabibuta. Banyak korban justru dari anak-anak dan perempuan. Kita mendesak agar bangsa di Dunia mendukung kemerdekaan bagi bangsa Palestina, termasuk Pemerintah Indonesia," jelasnya. 

Usai berorasi massa aksi kemudian menggelar Kirab Akbar Palestina dengan rute mulai dari Titik Nol KM Yogyakarta menuju arah barat hingga kawasan Abean kemudian ke arah selatan menuju titik akhir di gedung PDHI Yogyakarta. 

Selain di kawasan Titik Nol, dukungan kepada bangsa Palestina juga digelar di kawasan Tugu Pal Putih Yogyakarta. Aksi solidaritas untuk Palestina digelar oleh MBPI atau Majelis Buruh Pekerja Indonesia DIY. (Nur/Dan)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:19
06:20
02:53
02:49
02:12
Viral