Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY Ir. Syam Arjayanti dan Yumna Shiba, desainer muda Gen Z yang ikut tampil dalam ajang Jogja Fashon Week 2023.
Sumber :
  • tim tvOne - Nuryanto

Jogja Fashion Week 2023 Dikuti Desainer dari Kalangan Gen Z dan Millenial dengan Prestasi Tingkat Dunia

Minggu, 12 November 2023 - 00:44 WIB

Yogyakarta, tvOnenews.com - Gelaran Jogja Fashion Week (JFW) 2023 kembali hadir di Kota Yogyakarta. Salah satu hal istimewa dari JFW adalah munculnya potensi-potensi luar biasa dari para desainer muda tanah air. 


Jogja Fashion Week diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta bekerja sama dengan berbagai pihak.

Bertema Transformasi menuju Jogja Kota Fashion Dunia, selain fashion show, gelaran JFW kali ini juga diisi dengan kegiatan pameran dan edukasi di bidang fashion. 

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY, Ir. Syam Arjayanti, M.P.A mengatakan bahwa para desainer menjadi pemeran utama dalam upaya mewujudkan Jogja sebagai pusat fashion dunia. Menurutnya, fashion merupakan bagian dari mahakarya industri kreatif dan memiliki kekayaan intelektual. 

"Kita banyak program untuk mewujudkan itu. Misalnya, ada inkubasi bisnis, bisnis matching, bahkan beberapa pelatihan untuk mensupport bisnis fesyen, baik ajang nasional maupun internasional," kata Syam. 

Sementara itu, Yumna Shiba, salah satu desainer dari kalangan Gen Z yang telah menampilkan karyanya pada New York Indonesia Fashion Week, memilih mendesain jenama sendiri dengan berbagai gaya seperti casual masculin dan feminin sporty.  

Untuk desainnya sendiri, ia lebih menggunakan laser Megamendung yang berasal dari Cirebon sebagai identitas jenamanya. 

"Desain ini untuk wanita dan pria. Untuk sekarang, kita sudah keluarkan 3 koleksi yaitu bikers untuk para rider, default metamorfosis untuk orang kerja, defense untuk yang kerja dan hangout," jelas Yumna. 

Pada tahun ke-18 pelaksanaannya, Jogja Fashion Week menghadirkan rangkaian fashion show selama 4 hari dengan menampilkan sekitar 600 pakaian hasil karya lebih dari 100 desainer. 

Pameran dan fashion show di Jogja Fashion Week 2023 terbuka untuk umum dan gratis. Pengunjung yang ingin menonton fashion show harus melakukan registrasi terlebih dahulu karena tempat duduk terbatas. (Nur/Ard) 

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral