KAI Daop 6 Yogyakarta bersama Dishub Kulon Progo sosialisasi keselamatan pengguna jalan di perlintasan sebidang di Wilayah Wates, Kulon Progo..
Sumber :
  • Tim tvOne - Sri Cahyani Putri

Tekan Angka Kecelakaan, KAI Daop 6 Yogyakarta Gencarkan Sosialisasi Keselamatan di Perlintasan Sebidang

Selasa, 21 November 2023 - 17:10 WIB

Kulon Progo, tvOnenews.com - KAI Daop 6 Yogyakarta menggencarkan sosialisasi keselamatan menyasar pengguna jalan di perlintasan kereta api sebidang wilayah Wates, Kabupaten Kulon Progo.

Sosialisasi di JPL 683 KM 514 atau antara Stasiun Kedundang-Wates dilaksanakan guna menekan angka kecelakaan kereta yang marak terjadi belakangan terakhir ini.

Manager Humas KAI Daop 6 Yogyakarta, Krisbiyantoro mengatakan, sosialisasi dilakukan dengan membentangkan spanduk dan membagikan flyer yang berisi aturan lalu lintas dan tata cara berkendara saat melewati perlintasan sebidang.

Sosialisasi yang berkolaborasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kulon Progo dilakukan secara berkala mengingat masih tingginya angka kecelakaan di area tersebut.

Sejauh ini, ia mencatat, sudah ada 16 kali kejadian KA tertemper kendaraan dan orang di wilayah KAI Daop 6 Yogyakarta. Dengan rincian, tertemper mobil 7 kali, motor 8 kali dan orang satu kali.

"Sosialisasi keselamatan dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menaati aturan lalu lintas di perlintasan KA sebidang. Harapannya, angka kecelakaan di area tersebut dapat ditekan hingga tidak ada lagi kecelakaan disana," ujar Krisbiyantoro, Selasa (21/11/2023).

Dalam kegiatan tersebut, ia juga menekankan pentingnya menjaga perjalanan KA. Karena sudah jelas disebutkan dalam Undang-undang (UU) Nomor 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan pasal 114.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:38
03:09
10:13
04:52
03:06
01:24
Viral