Unjuk rasa memperotes pernyataan Ade Armando di kantor DPW PSI DIY, Senin (4/12/2023).
Sumber :
  • Tim tvOne - Sri Cahyani Putri

Ade Armando Bikin Gaduh, Pakar Politik UGM Ungkap Dampaknya pada Elektabilitas PSI di DIY

Rabu, 6 Desember 2023 - 10:27 WIB

Yogyakarta, tvOnenews.com - Buntut pernyataan calon legislatif (caleg) dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Ade Armando yang menyinggung praktik politik dinasti di Daerah Istimewa Yogyakarta menuai polemik di masyarakat. 

Lalu seperti apa pengaruh dari pernyataan Ade terhadap perolehan suara PSI di DIY pada pemilu 2024 ? 

Pakar politik UGM, Arya Budi berpendapat, ada efek elektoral dari pernyataan yang disampaikan oleh Ade Armando tersebut.

Apalagi cukup banyak masyarakat yang sebenarnya terganggu dengan pernyataan yang dilontarkan Dosen Fisip UI. 

Sebab berdasarkan riset yang pernah ia lakukan, kata Arya, masyarakat DIY setuju dengan konsep pemerintahan yang ada sekarang. Bila dipersentase, angkanya mencapai 75 persen.

"Rata-rata (masyarakat DIY) setuju terkait Keistimewaan DIY dan jabatan gubernur maupun wakil gubernur dijabat secara turun-temurun. Sehingga bukan sekadar menjadi konsensus politik melalui Undang-Undang (UU) Keistimewaan di antara elite legislatif, keraton maupun pemerintahan," kata Arya dihubungi, Rabu (6/12/2023).

"Dari riset tersebut, jika ada tokoh elite politik, pegiat sosial media seperti Ade Armando yang secara konfrontatif berbicara terkait preferensi politik pemerintahan di DIY tentu ada efek elektoralnya," sambungnya. 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:07
02:26
01:49
01:21
00:54
11:01
Viral