Kepala Biro Administrasi Perekonomian dan SDA, Setda DIY, Yuna Pancawati bersama Pemkab Kulon Progo memantau harga bapok jelang nataru di Pasar Wates, Rabu (6/12/2023)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Sri Cahyani Putri

Pantau Harga Kebutuhan Pokok di Kulon Progo, TPID DIY Klaim Kenaikan Masih Wajar

Rabu, 6 Desember 2023 - 16:17 WIB

Kulon Progo, tvOnenews.com - Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melakukan pemantauan harga kebutuhan pokok (bapok) di Pasar Wates, Kabupaten Kulon Progo. 

Berdasarkan pemantauan, sejumlah bapok mengalami kenaikan harga. Kendati demikian, kenaikan harga jelang natal 2023 dan tahun baru (2024) diklaim masih wajar. 

"Harga bapok relatif ada kenaikan di beberapa komoditas tapi masih diambang batas wajar. Belum mencapai lebih dari 6 persen," kata Yuna Pancawati, Kepala Biro Administrasi Perekonomian dan SDA, Setda DIY usai pemantauan bersama Pemkab Kulon Progo, Rabu (6/12/2023). 

Adapun, kenaikan harga terjadi pada komoditas beras, telur, gula pasir, minyak goreng, bawang merah, bawang putih, cabai dan daging ayam

Menurut Yuna, kenaikan harga dipicu banyaknya permintaan setiap akhir tahun. Pada libur nataru, diprediksi banyak wisatawan yang akan berlibur ke DIY. Juga banyaknya kegiatan yang diselenggarakan di akhir tahun ini. 

"Terpenting, ketersediaan bapok ada sehingga masyarakat bisa mendapatkan komoditas yang ada," ucap Yuna. 

Yuna memprediksi, kenaikan harga bapok di pasar tradisional Kabupaten Kulon Progo masih berlangsung hingga akhir Desember 2023.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:22
02:07
02:34
04:41
02:33
02:15
Viral