Peserta ikuti sessi pelatihan pada tipe Platinum Program Pendidikan Kecakapan Kerja LKP Duta Persada..
Sumber :
  • tvOnenews - Nuryanto

Peserta Program Platinum PKK Di Yogyakarta Lolos Ke Malaysia dan Thailand

Senin, 11 Desember 2023 - 21:50 WIB

tvOnenews.com - Delapan peserta Program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) tipe Platinum yang diemban Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Duta Persada mampu terserap di dunia kerja di level internasional. Beberapa di antaranya bahkan bakal menjalani pemagangan di luar negeri yakni Malaysia dan Thailand.

Total ada 20 peserta Program PKK Platinum yang dididik oleh LKP Duta Persada sejak September lalu. Program tersebut dibiayai secara penuh oleh Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Indonesia serta merupakan kelas yang tertinggi.

"Hari ini yang terakhir setelah tiga bulan menjalani pelatihan. Peserta Program PKK Platinum di hari terakhir ini menjalani uji kompetensi oleh lembaga sertifikasi profesi," ungkap Manajer Pengembangan LKP Duta Persada Yogyakarta Gebian Sadewa, di sela uji kompetensi di LKP Duta Persada Jalan Ibu Ruswo, Selasa (5/12).

Sadewa mengungkapkan, dari total 20 peserta Program PKK Platinum, sebanyak delapan orang di antaranya sudah diterima menjalani proses magang di hotel internasional di Malaysia dan Thailand. Mereka akan resmi diberangkatkan pada Januari tahun depan. Sedangkan sisanya terserap di hotel bintang lima yang ada di Yogyakarta.

Program PKK Platinum hanya dikhususnya bagi peserta berusia 17-25 tahun yang tidak sedang sekolah atau kuliah maupun bekerja. Sehingga seluruh peserta merupakan usia produktif namun masih menganggur. Hal ini sesuai dengan tujuan program tersebut yakni mengentaskan pengangguran dengan membekali kecakapan kerja.

"Kami memang lebih fokus pada dunia perhotelan dan kapal pesiar kelas internasional karena kebutuhan SDM di sektor tersebut cukup tinggi," tandas Sadewa.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:59
02:08
01:12
03:01
00:52
02:33
Viral