Proses uji kelaikan jip wisata di Omah Cantrik Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo, DIY, Rabu (13/12/2023)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Sri Cahyani Putri

Jamin Keselamatan Wisatawan Jelang Nataru, Jip Wisata di Kulon Progo Jalani Uji Kelaikan

Rabu, 13 Desember 2023 - 21:00 WIB

Kulon Progo, tvOnenews.com - Sejumlah jip wisata di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjalani uji kelaikan menjelang libur natal 2023 dan tahun baru 2024 (nataru).

Pengujian kendaraan dilakukan untuk memastikan keselamatan wisatawan lebih terjamin.

Kabid Angkutan dan Perparkiran, Dinas Perhubungan Kabupaten Kulon Progo, Sri Wahyuniarto mengatakan, pengecekan kendaraan wisata sesuai ketentuan Undang-Undang (UU) Nomor 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan serta Surat Edaran (SE) dari Direktoran Jenderal Perhubungan Darat terkait pelaksanaan ramp check dalam rangka persiapan nataru.

"Hari ini, ramp check dilakukan di 4 titik meliputi pengusaha jip di Pengasih, Omah Cantrik, Geblek Pari dan Junior Trans di Nanggulan," kata Wahyu di sela pengecekan, Rabu (13/12/2023).

Adapun hasil dari pengecekan ini, penguji menemukan beberapa temuan yang harus segera ditindaklanjuti oleh pengelola mulai dari oli pengereman hingga lampu penerangan.

"Oli rem diganti olinya karena berpengaruh terhadap pengereman. Lampu sen kanan dan kiri yang mati harus diganti. Tadi sudah diarahkan agar hasil ramp check segera ditindaklanjuti," ucap Wahyu.

Selain secara fisik, penguji juga mengecek kelengkapan administrasinya. Menurutnya uji kelaikan cukup efektif dilakukan demi keselamatan penumpang, pengemudi hingga pengguna jalan lainnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
04:41
02:33
02:15
05:26
01:05
Viral