BBPOM Yogyakarta sidak produk makanan di toko swalayan Kabupaten Kulon Progo, DIY, Kamis (14/12/2023)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Sri Cahyani Putri

BBPOM Yogyakarta Sidak Produk Makanan di Toko Swalayan Kulon Progo, Ini Hasilnya

Kamis, 14 Desember 2023 - 13:38 WIB

Kulon Progo, tvOnenews.com - Tim gabungan dari Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Yogyakarta melaksanakan inspeksi mendadak (sidak) sejumlah produk makanan di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Intensifikasi pengawasan bersama Pemerintah Kabupatan (Pemkab) Kulon Progo untuk memastikan keamanan pangan olahan yang beredar jelang libur natal 2023 dan tahun baru 2024 (nataru).

Dalam pengawasan ini, BBPOM Yogyakarta fokus terhadap pangan tanpa disertai izin edar, kedaluwarsa hingga kemasan rusak. Karena jelang nataru akan banyak permintaan pangan olahan dari konsumen.

"Sementara ini, dari pengawasan di Swalayan Sidoagung tidak ada temuan. Semua produk yang diperiksa sudah memilik izin edar baik Pangan Izin Rumah Tangga (PIRT) dan BPOM sudah terdaftar. Juga tidak ada yang melewati batas kedaluwarsa," kata Bagus Heri Purnomo, Kepala BBPOM Yogyakarta di sela pengecekan, Kamis (14/12/2023).

BBPOM Yogyakarta juga menguji sampel makanan dan menggelar pameran edukasi di swalayan tersebut. 

Nantinya jika ada temuan, pihaknya akan mencatat dan meminta penanggung jawab toko untuk melakukan pemusnahan terutama produk-produk yang mengandung bahan berbahaya.

"Kita juga minta info produk (makanan) didapat dari mana. Kalau produk lokal akan dilakukan pembinaan sampai ke produsennya," tegas Heri.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:38
03:09
10:13
04:52
03:06
01:24
Viral