Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwana X..
Sumber :
  • Tim tvOne - Sri Cahyani Putri

Harga Beras Kian Melambung di Yogyakarta, Begini Penjelasan Sri Sultan Hamengku Buwono X

Jumat, 23 Februari 2024 - 09:47 WIB

Yogyakarta, tvOnenews.com - Harga beras di sejumlah wilayah termasuk Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) terus melambung. 

Berdasarkan pemantauan tvOnenews.com belum lama ini di Pasar Kranggan, Kota Yogyakarta, beras medium dijual seharga Rp 14.500-15.500 per kilogram (kg). Sementara, beras premium seharga Rp 16.500-17.000 per kg. 

Berbagai strategi disiapkan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) DIY untuk mengatasi persoalan tersebut sekaligus mengendalikan inflasi di daerah ini. 

"Kalau kita itu bagaimana menyediakan stok, menyediakan barang-barang itu agar (harga beras) tidak naik secara signifikan. Sekarang menjaga stabilitas itu bisa dilakukan berarti pasokan harus jelas. Kalau gak, nanti inflasi akan terjadi fluktuatif makin tinggi bukan makin turun," kata Sri Sultan Hamengku Buwono X, Gubernur DIY, Kamis (22/2/2024). 

Raja Keraton Yogyakarta tersebut menyampaikan, pemerintah telah mengupayakan untuk memenuhi kebutuhan beras secara impor.

"Kalau beras itu sudah impor, sebetulnya tidak ada masalah. Hanya, mungkin kualitas itu tidak sesuai ekspektasi dari konsumen. Karena di Yogya ini, kesadaran kesehatan tinggi. Jadi maunya pilih beras wae milih sing enak nak ra enak ra gelem. Beras Bulog sok ora gelem," ungkap Sultan.

Di sisi lain, kenaikan harga beras juga disebabkan oleh faktor cuaca. Mestinya, periode November-Desember memasuki musim tanam. Namun karena terjadi hujan lebat, musim tanam mengalami sedikit keterlambatan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:36
01:13
10:09
07:45
09:41
04:03
Viral