Ilustrasi - Nelayan sedang menjala ikan.
Sumber :
  • ANTARA

Cuaca Ekstrem, BMKG Imbau Nelayan di Pesisir Selatan Yogyakarta Waspada Gelombang Tinggi

Kamis, 7 Maret 2024 - 16:39 WIB

Yogyakarta, tvOnenews.com - Nelayan dan masyarakat di sepanjang pesisir selatan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIYI diminta waspada potensi terjadinya gelombang laut setinggi 4 meter di wilayah tersebut.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta menyebut tinggi gelombang di perairan Yogyakarta saat ini diprakirakan berkisar antara 2,5 sampai 4 meter atau kategori tinggi.

"Waspada potensi gelombang tinggi di perairan Yogyakarta," kata Warjono, Kepala Stasiun Meteorologi BMKG Yogyakarta, Kamis (7/3/2024).

Warjono menjelaskan, tinggi gelombang laut tersebut antara lain dipicu munculnya awan konvektif atau cumulonimbus (CB) yang mengakibatkan cuaca buruk di di pesisir selatan DIY.

"Terpantau adanya cuaca buruk di laut selatan," ujarnya.

Berdasarkan pantauan BMKG, menurut dia, angin di DIY bertiup dari barat daya – barat laut dengan kecepatan maksimum 20 km per jam.

Selain kewaspadaan gelombang laut selatan, BMKG Yogyakarta juga mengeluarkan peringatan dini potensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang di wilayah Kota Yogyakarta, Sleman, Gunungkidul bagian Utara, Bantul bagian utara dan Kulon Progo bagian Utara.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:36
01:13
10:09
07:45
09:41
04:03
Viral