Plt Ketua PMI Kota Yogyakarta, Irjen (Purn) Haka Astana (tengah)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Sri Cahyani Putri

Jamin Persediaan Darah Selama Ramadhan, PMI Kota Yogyakarta Genjot 4.200 Kantong

Jumat, 8 Maret 2024 - 14:58 WIB

Yogyakarta, tvOnenews.com - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Yogyakarta terus menggenjot persediaan stok darah di wilayahnya. Hal ini untuk mengantisipasi pasang surut pasokan khususnya selama Ramadhan.

Plt Ketua PMI Kota Yogyakarta, Irjen (Purn) Haka Astana mengatakan, PMI Kota Yogyakarta melayani ribuan kantong per bulan untuk mencegah terjadi kelangkaan stok darah.

"Rata-rata sekarang bisa melayani 4.200 kantong per bulan. Sebelum Juni 2023 lalu, melayani di atas 3.600 kantong," kata Haka Astana, Jumat (8/3/2024).

PMI Kota Yogyakarta menjamin ketersediaan stok darah selama Ramadhan. Serta mengantisipasi terjadinya pasang surut pasokan meski sudah banyak pendonor darah sukarela.

"Alhamdulilah sampai hari masing-masing golongan yang sering digunakan di atas 200 kantong. Dari kerjasama dengan salah satu RS, kita juga dapat 446 kantong," ucap Haka.

Ke depan, pihaknya akan terus menggencarkan sosialisasi pelayanan donor darah ke sekolah maupun tempat ibadah seperti gereja dan masjid.

Selain stok darah, PMI Kota Yogyakarta terus berbenah dalam rangka mengejar akreditasi klinik, Unit Donor Darah (UDD) dan Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) UDD. Demikian juga memperbaiki manajemen, SDM, fasilitas lainnya. (scp/buz)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:32
06:34
05:09
01:34
02:08
01:24
Viral