Dialog sinau sejarah bertajuk 'Hadeging Nagari Ngayogyakarta Hadiningrat dan Hari Jadi Daerah Istimewa Yogyakarta' yang digelar oleh Paniradya Keistimewaan, Rabu (13/3/2024)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Tim tvOne

Hari Jadi Provinsi DIY, Paniradya Keistimewaan DIY Ulas Sejarah Hadeging Nagari Ngayogyakarta Hadiningrat

Kamis, 14 Maret 2024 - 11:03 WIB

Yogyakarta, tvOnenews.com - Pada hari Rabu, 13 Maret 2024, resmi diperingati sebagai Hari Jadi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ke-269 tahun. 

Acuan penetapan Hari Jadi DIY adalah peristiwa Hadeging Nagari Ngayogyakarta Hadiningrat pada 13 Maret 1755. Ini menjadi tonggak dimulainya pemerintahan di Yogyakarta.

Sejarah tersebut diulas dalam dialog bertajuk 'Hadeging Nagari Ngayogyakarta Hadiningrat dan Hari Jadi Daerah Istimewa Yogyakarta' yang digelar oleh Paniradya Keistimewaan di Omah Wayang, Kota Yogyakarta, Rabu (13/3/2024).

Paniradya Pati Keistimewaan DIY, Aris Eko Nugroho menyampaikan, peristiwa Hadeging Nagari Ngayogyakarta Hadiningrat menyisakan dua situs yakni Pesanggarahan Ambarketawang dan Gedhong Garjitowati. 

Sayangnya, kondisi kedua situs tersebut sangat memprihatinkan. Pesanggrahan Ambarketawang di Gamping hanya menyisakan dinding berlumut. Sementara, Gedhong Garjitowati di Kompleks Tamansari hanya menyisakan beberapa umpak saja.

Untuk menjaga dan melestarikan situs peninggalan sejarah tersebut, Pemda DIY tidak bisa bekerja sendiri. Aris menyebut, perlu kerjasama dengan berbagai pihak termasuk masyarakat. Jangan sampai penanda sejarah rusak bahkan hilang.

Demikian juga bagaimana mengenalkan sejarah ini kepada generasi muda. Pemda DIY bekerjasama dengan sekber keistimewaan dan Asosiasi Sejarah Guru Indonesia (ASGI).

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:32
06:34
05:09
01:34
02:08
01:24
Viral