Suasana workshop teknik audio yang digelar oleh PFT FSMR ISI Jogja bekerja sama dengan PT. Kairos Multi Jaya pada Selasa (26/3/2024)..
Sumber :
  • tvOnenews - Nuryanto

Ngabuburit Unik! Puluhan Mahasiswa dan Praktisi Ikuti Workshop Teknik Audio di Kampus ISI Yogyakarta

Selasa, 26 Maret 2024 - 21:13 WIB

tvOnenews.com - Berbagai cara bisa dilakukan untuk mengisi saat moment menjelang berbuka puasa atah ngabuburit. Di Yogyakarta, puluhan mahasiswa dna praktisi industri mengikuti workhshop mengadakan workshop teknik audio di Kampus ISI Yogyakarta.

Kegiatan ini diinisiasi Program Studi (Prodi) Produksi Film dan Televisi (PFT) Fakultas Seni Media Rekam Institut Seni Indonesia (FSMR ISI) Jogja bekerja sama dengan PT Kairos Multi Jaya  kepada puluhan mahasiswa dan praktisi industri. Workshop yang digelar selama dua hari itu mendatangkan praktisi berkelas internasional yakni Manager Profesional Audio dari Audio-Technica South East Asia, Chen Jinfu yang juga lulusan Singapore Management University.

Di hari pertama Senin (25/3/2024) workshop dibuka dengan materi Recording 101- Basic Microphone Technique. Kemudian hari kedua dilanjutkan dengan materi Commercial Audio for Workspace. Workshop ini merupakan tindak lanjut dari kerja sama antara PFT FSMR ISI Jogja dengan PT. Kairos Multi Jaya pada akhir tahun lalu. Diikuti oleh 70 peserta secara gratis pelaksanaan workshop diharapkan jadi bekal bagi peserta untuk mengenal teknik audio.

Pembukaan workshop dilakukan oleh Rektor ISI Yogyakarta, yang dalam hal ini diwakilkan kepada Dekan FSMR ISI Jogja Dr. Edial Rusli, S.E, M.Sn didampingi oleh Board Of Director PT. Kairos Multi Jaya Johannes Martin Wijaya dengan memukul kentongan di hadapan para peserta workshop.

Edial mengatakan, workshop ini cukup penting terutama kepada para mahasiswa. Menurutnya teknologi yang ada di masa sekarang merupakan lompatan dan harus dikuasai. Dirinya masih ingat saat dulu masih menggeluti aktivitas yang berkaitan dengan sound, di mana yang beredar masih dengan ukuran sangat besar. Seiring dengan perkembangan waktu, teknologi berubah dan sound sudah tersedia dalam ukuran kecil.

"Ini penting terutama proses audio visual tidak hanya pada pertunjukan saja tapi juga kehidupan. Saya berharap mahasiswa bisa mengikuti workshop ini selama dua hari, pelajari dan kemudian diskusikan. Proses itu akan jadi bahan pembelajaran di kemudian hari," katanya, Selasa (26/3/2024).

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:59
02:08
01:12
03:01
00:52
02:33
Viral