Kondisi jalan yang rusak di depan SMPN 2 Prambanan akibat aktivitas penambangan ilegal di Kalurahan Sumberharjo, Prambanan, Sleman..
Sumber :
  • Tim tvOne - Sri Cahyani Putri

Aktivitas Tambang Ilegal di Prambanan Sleman, Ancam Keselamatan Siswa dan Kerusakan Lingkungan

Selasa, 26 Maret 2024 - 22:39 WIB

Sleman, tvOnenews.com - Aktivitas penambangan ilegal di Kalurahan Sumberharjo, Kapanewon Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dikeluhkan warga sekitar karena merusak lingkungan.

Selain itu, juga mengancam keselamatan siswa karena lokasinya berdekatan dengan SMPN 2 Prambanan.

Kepala SMPN 2 Prambanan, Hastari Murti mengatakan, dampak penambangan ilegal di Kalurahan Sumberharjo mulai dirasakan awal tahun ini. 

Pasalnya, aktivitas dari ulah manusia yang tak bertanggungjawab tersebut menyebabkan kerusakan jalan yang semakin parah. Sehingga masyarakat yang melewati jalan tersebut harus ektra hati-hati. Selain licin, kontur jalan tersebut juga bergelombang serta minim penerangan.

"Bahkan, kalau musim penghujan istilahnya toh nyowo (red: korban nyawa). Karena (jalan) saking licinnya," katanya saat ditemui usai pertemuan fasilitasi di Kantor ORI Perwakilan DIY, Selasa (26/3/2024).

Disampaikan Hastari, lokasi penambangan ilegal yang jaraknya hanya ratusan meter dari SMPN 2 Prambanan juga mengganggu kegiatan belajar mengajar (KBM) siswa.

"(Lokasi tambang) dekat sekali, belakang sekolah agak timur jaraknya sekitar 100 meter. Setiap ada aktivitas penambangan suaranya mengganggu," ucapnya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:32
06:34
05:09
01:34
02:08
01:24
Viral