Awan panas guguran kembali meluncur dari puncak Gunung Merapi, Sabtu (6/4/2024)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Nuryanto

Awan Panas Gunung Merapi Meluncur 1,1 Kilometer ke Arah Barat Daya

Sabtu, 6 April 2024 - 14:44 WIB

Yogyakarta, tvOnenews.com - Gunung Merapi yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta kembali meluncurkan awan panas guguran.

Balai Penyelidikan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi atau BPPTKG Yogyakarta menyebutkan awan panas guguran Gunung Merapi meluncur Sabtu (6/4/2024) pada pukul 10.26 WIB. 

Awan panas guguran yang meluncur tersebut dengan Amplitudo max 25 mm, estimasi jarak luncur maksimal 1,1 kilometer ke Barat Daya (Kali Bebeng ), arah angin ke Timur. 

"Visual Gunung Merapi cerah. Masyarakat diimbau untuk menjauhi daerah bahaya yang direkomendasikan," kata Agus Budi Santoso, Kepala BPPTKG Yogyakarta. 

Sementara dari periode pengamatan sejak pukul 00.00 - 06.00 WIB, cuaca di seputaran Gunung Merapi (2968 Mdpl) berawan.

Angin bertiup tenang ke arah timur. Suhu udara 18-21 °C, kelembaban udara 54-98 %, dan tekanan udara 918.1-949.8 mmHg. Secara visual Gunung Merapi tampak jelas. Asap kawah nihil. 

Data kegempaan berupa gempa Guguran 14 kali, Hybrid/Fase Banyak 30 kali, Vulkanik Dangkal 6 kali, dan Tektonik Jauh 2 kali.
"Teramati 2 kali guguran lava ke arah Kali Bebeng dengan jarak luncur maksimum 1400 meter," jelas Budi. 

Hingga kini tingkat aktivitas Gunung Merapi masih ditetapkan pada level III atau siaga.

Potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awan panas pada sektor selatan-barat daya meliputi Sungai Boyong sejauh maksimal 5 kilometer, Sungai Bedog, Krasak, Bebeng sejauh maksimal 7 kilometer. 

"Pada sektor tenggara meliputi Sungai Woro sejauh maksimal 3 kilometer dan Sungai Gendol 5 kilometer.

Sedangkan lontaran material vulkanik bila terjadi letusan eksplosif dapat menjangkau radius 3 kilometer dari puncak," jelasnya. 

Saat ini data pemantauan menunjukkan suplai magma masih berlangsung yang dapat memicu terjadinya awan panas guguran di dalam daerah potensi bahaya.

Masyarakat agar tidak melakukan kegiatan apapun di daerah potensi bahaya serta mewaspadai bahaya lahar dan awanpanas guguran (APG) terutama saat terjadi hujan di seputar Gunung Merapi. 

"Masyarakat agar mengantisipasi gangguan akibat abu vulkanik dari erupsi Gunung Merapi. Jika terjadi perubahan aktivitas yang signifikan, maka tingkat aktivitas Gunung Merapi akan segera ditinjau kembali," pungkas Budi. (nur/dan) 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral