Ulat gagak merambat di lantai area kedatangan penumpang di Bandara YIA, Kabupaten Kulon Progo, DIY, Jumat (19/4/2024)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Sri Cahyani Putri

Serangan Ulat Gagak Muncul di Bandara YIA, Ini Penyebabnya

Jumat, 19 April 2024 - 17:45 WIB

Kulon Progo, tvOnenews.com - Serangan ulat gagak bermunculan di kawasan Bandara Yogyakarta International Airport (YIA), Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) belakangan terakhir ini.

Hewan yang memiliki nama latin orthomorpha coarctata bermunculan di antaranya di tempat parkir kendaraan, jalan penghubung dari tempat parkir menuju terminal kedatangan hingga depan terminal kedatangan dan selokan.

Tak sedikit hewan yang memiliki bulu yang lebat, berkaki banyak dan berwarna hitam  merambat di lantai maupun dinding tembok bangunan bandara.

Terkait hal tersebut, General Manager Bandara YIA, Ruly Artha mengatakan, serangan ulat gagak muncul di Bandara YIA baru-baru ini. Dijelaskannya, kemunculan ulat gagak di Bandara YIA disebabkan faktor cuaca. 

"Karena ada perubahan cuaca yang cukup signifikan antara hujan dan kondisi panas sehingga menimbulkan dampak ulat gagak keluar dari sarangnya," terangnya, Jumat (19/4/2024).

Untuk menangani kemunculan ulat gagak yang dikhawatirkan menganggu penumpang, PT Angkasa Pura (AP) I sebagai pengelola Bandara YIA selalu berkolaborasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan tim teknis untuk melakukan pembersihan ulat gagak tersebut. Dengan demikian, tidak mengganggu operasional penerbangan.

"Setiap kita dapatkan (ulat gagak) banyak di area tertentu (Bandara YIA) kita kemudian bersama facility care membersihkan ulat tersebut," ucap Ruly.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral