Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit, Pengelolaan Data dan Sistem Informasi, Dinkes Kota Yogyakarta, Lana Unwanah..
Sumber :
  • tim tvOne - Sri cahyani Putri

70 Kasus Flu Singapura Ditemukan di Kota Yogyakarta

Jumat, 26 April 2024 - 16:24 WIB

Yogyakarta, tvOnenews.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Yogyakarta menemukan 70 kasus flu Singapura. Temuan itu dilaporkan beberapa puskesmas di daerah ini.

Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit, Pengelolaan Data dan Sistem Informasi, Dinkes Kota Yogyakarta, Lana Unwanah mengatakan, temuan kasus yang disebut penyakit tangan kaki dan mulut (PTKM) atau Hand Foot Mouth Disease hampir merata di seluruh puskesmas. 

Bahkan hingga pekan ke-16, tertinggi di Puskesmas Mantrijeron ada 8 kasus dan Puskesmas Ngampilan ada 7 kasus. Sedangkan kasus terendah di Puskesmas Pakualaman ada 1 kasus.

"Secara total sampai minggu ke-16 ada 70 kasus flu Singapura di Kota Yogyakarta," kata Lana," Jumat (26/4/2024).

Dijelaskannya, flu Singapura disebabkan oleh virus. Gejalanya yaitu demam yang berlangsung 1-2 hari; ruam pada kulit dan benjolan kecil di telapak kaki, tangan dan mulut; nyeri tenggorokan sehingga kurang nafsu makan 

"Rata-rata penyakit ini menjakiti anak-anak usia di bawah 10 atau 14 tahun," ucap Lana.

Kasus flu Singapura dapat dicegah dengan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan bila terjangkit segera periksa ke puskesmas atau rumah sakit. (scp/aag)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral