Suasana di muara Sungai Serang, saat proses pencarian wisatawan tenggelam beberapa waktu lalu (dokumentasi).
Sumber :
  • Tim tvOne - Ari Wibowo

Banyak Korban Jiwa, Muara Sungai Serang di Pantai Glagah Bakal Ditutup

Senin, 10 Januari 2022 - 08:44 WIB

Kulon Progo, DIY - Sudah banyak memakan korban jiwa  muara sungai Serang yang berada di kawasan Pantai Glagah, kecamatan Temon, Kulon Progo, bakal ditutup. Penutupan kawasan muara sungai Serang dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya korban jiwa susulan

Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah V Kulon Progo, Aris Widiatmoko, mengatakan jatuhnya korban jiwa di muara sungai Serang tidak hanya terjadi sekali. Namun, beberapa waktu lalu di lokasi yang sama juga pernah memakan korban jiwa warga Bekasi, Jawa Barat.

"Awal tahun lalu juga ada salah satu wisatawan asal Bekasi, Jawa Barat, yang terseret gelombang di lokasi itu, dan ditemukan meninggal dunia. Kami sudah melakukan imbauan maupun peringatan kepada wisatawan. Tidak henti-hentinya kami imbau wisatawan. Namun, wisatawan kerap melanggar dan nekat turun ke muara," ujar Aris, Minggu (9/1/2022) 

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Kulon Progo, Joko Mursito, mengatakan objek wisata pantai Glagah terdiri dari pantai dan laguna. Sedangkan, muara sungai Serang memang tidak diperuntukkan untuk wisata. 

"Keputusan untuk menutup kawasan muara sungai Serang berasal dari koordinasi yang kami lakukan dengan TNI, Polri, Satlinmas Kulon Progo dan Pengelola Objek Wisata Pantai Glagah," ujar Joko (9/1/2022) 

Kedatangan wisatawan yang masih terjadi di kawasan muara sungai Serang memang dikarenakan masih adanya ketertarikan dari masyarakat untuk datang ke muara sungai Serang.

Meskipun sejumlah imbauan maupun larangan untuk datang ke muara telah dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kulon Progo dan sejumlah instansi lainnya, namun tidak sedikit wisatawan yang nekad dan melanggar. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:38
16:19
04:46
01:55
02:26
02:13
Viral