Enam Prodi FMIPA UII memperoleh pengakuan internasional..
Sumber :
  • Tim tvOne - Andri Prasetyo

Hebat, FMIPA UII Yogyakarta Borong Pengakuan Lembaga Internasional dari Jerman

Rabu, 19 Januari 2022 - 09:11 WIB

Sleman, DIY - Universitas Islam Indonesia (UII) kembali mendapat pengakuan dari dunia internasional. Sebanyak enam program studi (prodi) di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) memborong akreditasi dan sertifikasi dari ASIIN.

ASIIN adalah lembaga akreditasi internasional yang berasal dari Jerman untuk disiplin ilmu rekayasa, matematika dan sains, pertanian, serta biologi. Ke enam prodi FMIPA UII tersebut adalah Statistika, Kimia, Pendidikan Kimia, Farmasi, S2 Kimia, dan D3 Analisis Kimia.

"Internasionalisasi menjadi salah satu komitmen UII untuk mensejajarkan dirinya dengan perguruan tinggi berkualitas di negara-negara maju. Ada beberapa inisiatif untuk menuju ke arah situ, salah satunya dengan akreditasi internasional ini," kata Rektor UII Fathul Wahid, Selasa (18/1/2022).

Menurut Fathul, akreditasi dan sertifikasi dari ASIIN tersebut menunjukkan bahwa prodi yang ada di FMIPA UII telah melakukan penjaminan mutu pendidikan sesuai dengan standar internasional.

Raihan ini juga sebagai wujud komitmen FMIPA UII dalam proses penjaminan mutu yang berorientasi pada outcome based education (OBE) yang setara dengan kerangka kualifikasi Eropa untuk pembelajaran sepanjang hayat.

Untuk Prodi D3 Analisis Kimia, lanjut Fathul, kesetaraannya telah diakui dengan level 5 EQF-LLL. Sementara untuk prodi sarjana dan S2 Kimia masing-masing setara dengan level 6 dan 7 EQF-LLL.

"Kita berharap ikhtiar ini semakin menegaskan komitmen UII yang diakui oleh lembaga internasional," terangnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:28
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
Viral