Bangunan cagar budaya jembatan rel Pangukan Sleman yang menjadi sasaran vandalisme..
Sumber :
  • Tim tvOne - Andri Prasetyo

Sedih, Bangunan Cagar Budaya di Sleman Jadi Sasaran Vandalisme

Kamis, 20 Januari 2022 - 21:46 WIB

Sleman, DIY - Bangunan cagar budaya (BCB) berupa bekas jembatan perlintasan rel kereta api di Padukuhan Pangukan, Tridadi, Sleman menjadi sasaran aksi vandalisme. BCB yang dibangun pada zaman penjajahan Belanda itu dicoret-coret oleh orang tak bertanggung jawab.

Tiang penyangga yang berada di kedua sisi barat dan timur penuh dengan coretan cat semprot. Beberapa diantaranya bertuliskan SNPT, SPG, G3BOL, dan lainnya.

Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Sleman, Edy Winarya, menyebut aksi vandalisme itu sebagai bentuk perusakan BCB.

"Maraknya corat-coret atau vandalisme terhadap benda-benda cagar budaya merupakan sebuah keprihatinan bersama. Vandalisme pada benda-benda cagar budaya merupakan sebuah bentuk perusakan karena tidak menghargai nilai penting cagar budaya itu sendiri," ujarnya kepada wartawan, Kamis (20/1/2022).

BCB yang biasa disebut Jembatan Pangukan itu, kata Edy, sebelumnya sudah ditetapkan sebagai cagar budaya melalui Keputusan Bupati Sleman Nomor 14.7/Kep.KDH/A/2017 tentang Status Cagar Budaya Kabupaten Sleman.

Selain Jembatan Pangukan, menurut Edy, banyak potensi cagar budaya di Kabupaten Sleman yang seharusnya dilindungi dan dilestarikan sesuai dengan Undang-Undang No.11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya. Oleh karenanya, menjadi kewajiban semua pihak untuk melestarikannya agar tidak menjadi sasaran aksi vandalisme.

"Upaya perlindungan dan pelestarian cagar budaya bukan semata-mata tugas pemerintah, akan tetapi merupakan tugas bersama antara pemerintah, masyarakat, lembaga sosial budaya serta dunia pendidikan," katanya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
06:48
02:28
Viral