Petugas pemadam kebakaran berupaya memadamkan api di gudang penyimpanan genset, Selasa (25/1/2022).
Sumber :
  • Tim tvOne - Ari Wibowo

Kebakaran Gudang Genset di Kulon Progo, Sejumlah Karyawan Pingsan Saat Menyelamatkan Diri

Selasa, 25 Januari 2022 - 15:24 WIB

Kulon Progo, DIY - Kebakaran melanda sebuah gudang penyimpanan genset dan solar di kawasan PT Sun Chang yang berada di Kalurahan Triharjo, Kecamatan Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta pada Selasa (25/1/2022) siang.

Api muncul pertama kali sekitar pukul 11.30 WIB saat para karyawan pabrik hendak istirahat. Ribuan karyawan sempat berhamburan keluar untuk menyelamatkan diri, tidak sedikit dari mereka yang pingsan lantaran berdesakan.

Kapolsek Wates Kompol Gunardi, mengatakan sejumlah petugas dilibatkan untuk menjinakkan si jago merah yang meluluhlantakkan gudang genset dan solar milik PT Sun Chang. Di antaranya, PMI Kulon Progo, damkar Kulon Progo, Sleman, Bantul, dan Kota Yogya juga ikut turun melakukan pemadaman.

"Kami mendapatkan loporan kebakaran sekitar jam 11.45 , petugas langsung terjun kelokasi untuk membantu pemadaman dan evakuasi karyawan. Selain itu Kami juga turut memanggil water cannon milik Brimob ya untuk memadamkan api. Kami sempat dihubungi oleh petugas pabrik sekitar pukul 12.00 WIB," ujar Gunardi.

Kapolsek menambahkan, sejumlah motor milik karyawan juga akhirnya diminta untuk segera dipindahkan ke luar pabrik. Dikarenakan, di sekitar lokasi kebakaran terdapat barang-barang yang mudah terbakar. Sejumlah kendala juga ditemukan petugas saat proses pemadaman.

"Lokasi (jalan) menuju ke pabrik juga cukup sempit ya sehingga pergerakan truk damkar akhirnya tidak bisa leluasa. Terlebih, di pabrik juga minim sarana maupun prasarana pemadaman api sehingga berdampak terhadap kelancaran proses pemadaman," jelas Gunardi

Sementara salah satu Teknisi PT Sun Chang, Purwono, mengatakan belum mengetahui asal muasal api menyala. Kebakaran sendiri melanda gudang penyimpanan genset dan solar, dikawasan PT tersebut.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:28
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
Viral