Menteri Kelautan dan Perikanan memungut sampah di Pantai parangkusumo Parangtritis Bantul Yogyakarta, Jumat (28/1/2022).
Sumber :
  • Tim tvOne - Santosa Suparman

Jaga Ekologi Laut, Kementerian Kelautan dan Perikanan Canangkan Bulan Cinta Laut

Jumat, 28 Januari 2022 - 19:11 WIB

Bantul, Yogyakarta - Dalam upaya menjaga ekologi laut dan mewujdukan ekonomi biru, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mencanangkan " Bulan Cinta Laut", dimulai dengan bersih-bersih di Pantai Parangkusumo Parangtritis, Bantul Yogyakarta, Jumat (28/1/2022) siang.

Pencanangan Bulan Cinta Laut ini dilakukan Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, ditandai dengan aksi bersih - bersih pantai di sepanjang Pantai Parangkusumo dan Pantai Parangtritis

“Sampah yang tidak dikelola dengan baik  menjadi ancaman serius bagi kebersihan laut. Jika laut tidak bersih akan berdampak turunnya produktivitas laut. Eksploitasi besar-besaran hingga ikan habis dan banyaknya sampah akan menghancurkan kehidupan manusia,” ungkap Sakti Wahyu Trenggono.

Gerakan Bulan Cinta laut ini akan menjadi gerakan nasional yang akan dicanangkan Presiden Joko Widodo, bulan cinta laut dengan upaya bersih pantai dan laut, sebagai bentuk pengingat akan upaya menjaga kebersihan pesisir maupun laut untuk mewujudkan laut dan langit biru.

“Sebagai negara kepulauan, negara maritim, kita tidak boleh lagi memunggungi laut. Tapi menjadikan laut sebagai halaman depan kita. Karena itu laut harus selalu bersih,” tegasnya.

Di bulan cinta laut, Menteri Kelautan dan Perikanan ingin didalam satu tahun ada satu bulan dimana semua pihak bersama-sama membersihkan pantai dan laut. Di bulan itu, nelayan tidak diperkenankan melaut menangkap ikan. Tetapi diminta membersihkan sampah di pesisir maupun laut dan setiap Kg sampah yang didapat mendapatkan imbalan.

" Ini sebagai komitmen KKP dalam menjaga ekonomi laut dan keberlanjutannya. Gerakan ini juga memberikan pesan kepada dunia bahwa Indonesia berkomitmen memperhatikan kesehatan laut dan memiliki tata kelola yang baik," kata Sakti Wahyu Trenggono.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
08:21
03:43
06:21
13:18
01:24
01:09
Viral