24 Truk Terjebak Banjir Lahar Hujan Merapi.
Sumber :
  • tvone

24 Truk Terjebak Banjir Lahar Hujan Merapi

Kamis, 3 Februari 2022 - 18:56 WIB

Sleman, DIY - 24 Truk terjebak banjir lahar hujan Gunung Merapi, Kamis (3/2/2022). Truk-truk itu tertimbun material batu dan pasir di aliran Sungai Boyong di Dusun Ngepring, Purwobinangun, Pakem, Sleman.

Dari pantauan tvOnenews.com, puluhan truk dalam posisi menghadap ke selatan. Sebagian besar dalam kondisi terkubur pasir dan batu di bagian roda. Beberapa diantaranya bahkan dalam kondisi terguling dan sejumlah truk mengalami kerusakan pada bagian bak.

Kapolsek Pakem, Sleman Kompol Nuning Sukarminingsih mengatakan, peristiwa terjadi sekitar pukul 12.20 WIB.

"Tadi hujan jam 11.30 WIB kemudian ada lahar dingin turun sekitar jam 12.20 WIB sehingga aliran lahar dingin itu melebihi dari yang biasanya, saat itu ada truk penambang pasir di bawah ada 24 truk yang terjebak," ujarnya di lokasi kejadian.

Dijelaskan Nuning, awalnya ada satu truk di posisi paling depan mengalami kerusakan patah pada as roda. Truk yang berada di belakangnya tidak bisa menyelamatkan diri karena terhalang truk paling depan. Akhirnya puluhan truk tersebut terjebak di aliran banjir lahar hujan.

Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa ini, namun kerugian ditaksir mencapai jutaan rupiah. 

Para penambang pasir dibantu warga dan relawan, kemudian bergotong-royong mengevakuasi truk secara manual. Satu per satu truk akhirnya bisa dievakuasi secara bergantian.(Andri Prasetiyo/chm)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:57
02:32
01:28
04:58
01:44
02:05
Viral