Vaksinasi booster untuk pengajar di Ponpes Sunan Pandanaran..
Sumber :
  • Tim tvOne - Andri Prasetyo

Cegah Klaster Omicron, BIN DIY Vaksinasi Booster di Pondok Pesantren

Rabu, 16 Februari 2022 - 11:40 WIB

Sleman, DIY - Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar vaksinasi Covid-19 dosis ketiga di Pondok Pesantren Sunan Pandanaran, Sleman, Rabu (16/2/2022). Vaksinasi booster ini menyasar para guru dan pengajar di ponpes tersebut.

Kepala BIN DIY Brigjend Pol Andry Wibowo mengatakan, percepatan vaksinasi booster dilakukan salah satunya untuk mengantisipasi penyebaran varian Omicron.

"Hari ini kita booster staf dan guru-guru dari Pondok Pesantren Sunan Pandanaran," ujarnya usai meninjau vaksinasi.

Dipilihnya guru dan pengajar, menurut Andry, karena mereka sebagai salah satu prioritas penerima vaksin booster. Apalagi tingkat mobilitas para guru juga terbilang tinggi.

"Guru-guru ini kan mereka tidak berada pada ruang terbatas. Kalau siswa-siswi santriwan-santriwati kan pada dormitory (asrama) tapi kalau guru-guru ini kembali ke rumah, mereka nanti berakses dengan masyarakat lain, keluarganya dan sebagainya kemudian kembali lagi ke pesantren sehingga prioritas. Mereka yang memiliki mobilitas tinggi bertemu dengan banyak orang itulah yang kemudian kita booster," terangnya.

Selain itu, lanjut Andry, data menunjukkan hampir separuh klaster penularan Covid-19 di DIY berasal dari lingkungan sekolah. Oleh karena itu pihaknya memilih lingkungan pesantren sebagai salah satu prioritas penerima vaksin dosis ketiga.

"Hari ini kita lihat hampir 50 persen klaster yang terjadi adalah klaster PTM. Ini tadi juga saya berkoordinasi dengan ponpes untuk waspada pesantren di Sunan Pandanaran karena kalau udah kena, mereka kan hidup dalam dormitoriy pada mess-mess sehingga penularan juga sangat cepat," ungkap Andry.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
11:40
03:35
01:05
01:25
06:32
09:22
Viral