Macan Tutul Jawa "Rasi" sebelum depasliarkan di Taman Nasional Gunung Ciremai, Rabu (2/3/2022).
Sumber :
  • Tim tvOne - Nuryanto

Rasi, Macan Tutul Jawa Ini Siap Pulang ke Habitat Asli di Gunung Ciremai

Rabu, 2 Maret 2022 - 14:21 WIB

Yogyakarta, DIY - Gembira Loka Zoo Yogyakarta (GL Zoo) bersama mitra Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) Cikananga melakukan kegiatan habituasi Macan Tutul betina bernama “Rasi” yang diselamatkan tahun 2019.

Macan Tutul Rasi akan dilepas liarkan di Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC). Kedua mitra bekerjasama dengan erat, dari mulai awal perencanaan, persiapan dan kegiatan habituasi. 

Menurut Manager Pemasaran GL Zoo, Yosi Hermawan, sebagai Lembaga Konservasi Ex-Situ modern yang terus berkembang, GL Zoo berupaya untuk mendukung kegiatan konservasi in-situ guna kelestarian satwa liar di alam habitatnya. 

" Meskipun masih dalam kondisi pandemi yang berdampak pada sektor pariwisata dan kebun binatang pada khususnya, saat PPS Cikananga ‘menggandeng’ GLZoo dalam program pelepas liaran ini, GL Zoo berupaya untuk dapat memberikan dukungan sebaik mungkin," ujar Yosi. 

Menurut Yosi, untuk kegiatan lepas liar di Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) dinilai sebagai kawasan pelestarian alam yang memberikan ruang bagi sumber daya alam hayati hidup dan berkembang biak. 

Salah satu komponen yang berperan penting dalam keseimbangan ekosistem adalah top predator. Top predator adalah pemangsa tertinggi dalam rantai makanan dalam suatu ekosistem yang memiliki pengaruh besar terjadinya keseimbangan ekosistem. 

Ekosistem dikatakan seimbang apabila semua komponen biotik dan abiotik berada pada takaran yang seharusnya dalam jumlah maupun peranannya di lingkungan. Salah satu top predator yang ada di kawasan TN Gunung Ciremai adalah Macan Tutul Jawa /Panthera pardus melas, yang juga menjadi satwa kunci (key species) yang menjadi indikator kualitas ekosistem TN Gunung Ciremai. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral