Vaksinasi jimpitan Booster yang digelar di Bantul, Yogyakarta..
Sumber :
  • Tim tvOne - Santosa Suparman

DIY Naik Level 4 PPKM, Sekda: Akan Laksanakan Aturan Dengan Konsisten

Rabu, 9 Maret 2022 - 11:06 WIB

Yogyakarta, DIY - Seluruh Kabupaten Kota di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) kini berstatus PPKM Level 4, merujuk pada Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 15 Tahun 2022 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, Level 3, dan Level 2 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali.

Sekretaris Daerah DIY Kadarmanta Baskara Aji menyatakan Pemda DIY siap melaksanakan aturan PPKM level 4 dengan konsisten dan konsekuen sebagaimana tercantum dalam Inmendagri tersebut.

“DIY masuk PPKM Level 4. Ini peringatan untuk kita sekalian. Mari kita bersama-sama mengikuti aturan itu, kalau kita masih tetap melakukan aktivitas-aktivitas seperti level sebelumnya, sulit untuk segera bisa turun level kembali ke 3, 2 apalagi 1. Pembatasan yang ada di Inmendagri akan diteruskan melalui Ingub dan selanjutnya dibuatkan Surat Edaran oleh Bupati/Walikota,” jelas Baskara Aji di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Selasa (8/3/2022), dilansir dari Humas Pemprov DIY.

Selain karena tingginya kenaikan angka konfirmasi positif kasus Covid-19 di DIY dalam tiga pekan terakhir, menurut Aji, keputusan kenaikan PPKM level 4 di DIY yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat ini kemungkinan juga dilatarbelakangi meningkatnya angka kunjungan para pelaku perjalanan dalam negeri ke DIY pada beberapa waktu ini. 

Situasi tersebut juga tidak dapat dihindari mengingat DIY merupakan salah satu daerah destinasi wisata di Indonesia yang kerap dikunjungi, khususnya oleh wisatawan dalam negeri.

“Menurut data yang dimiliki oleh Kementerian Kesehatan, terkait dengan angka konfirmasi positif itu dianggap sudah masuk ke level 4. Melihat orang hadir di Jogja yang begitu padat bisa jadi itu bagian dari yang dipertimbangankan oleh kementerian," jelasnya.

"Kita ini punya spesifikasi yang berbeda dengan daerah lain terutama terkait dengan kehadiran wisatawan. Orang datang di sini kalau datangnya dengan kendaraan pribadi atau kendaraan umum yang tidak perlu tes, ya siapa tau mereka datang terus membawa penyakit,” lanjut Baskara Aji.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
08:21
03:43
06:21
13:18
01:24
Viral