Arinta, Anak Gajah Koleksi GL Zoo Yogyakarta.
Sumber :
  • Nuryanto

Selamat Ultah ke-2 Arinta, Anak Gajah Koleksi Gembira Loka Zoo Yogyakarta

Minggu, 27 Maret 2022 - 02:46 WIB

Yogyakarta - Arinta, anak gajah Sumatra  koleksi Gembira Loka Zoo (GL Zoo) Yogyakarta merayakan ultahnya yang kedua, Sabtu (26/3/2022). Ratusan pengunjung yang mengitari kandang gajah di kebun binatang itu turut merayakan, dengan tepuk tangan meriah sembari menyanyikan lagu ‘Selamat Ulang Tahun’.

Hadiah yang diberikan untuk anak gajah (bledug) berkelamin betina itu berupa tumpeng berisi buah-buahan segar, seperti  apel, jeruk, nanas, mentimun, wortel dan kacang panjang. Si anak gajah itu tampak lahap menyantap hadiah buah-buahan yang disediakan.

"Arinta  lahir saat awal pandemi  Covid-19 pada dua tahun silam. Nama Arinta sendiri merupakan singkatan dari induknya, yaitu induk jantan bernama Argo dan induk betina bernama Sinta. “Proses kehamilan induk Sinta berlangsung selama 22 bulan,” jelas Kabag Humas & Promosi  GL Zoo, Fahmi Ramadhan.

Arinta, lanjut Fahmi,  lahir melalui proses kelahiran normal dan alami,  dengan berat tubuh saat lahir mencapai sekitar  100 Kg.

Dalam memeriahkan ultah kedua kali GL Zoo mengundang MC kenamaan  Alit Jabangbayi. Ia memandu acara  di luar kandang. Rangkaian acara dibuka oleh Alit Jabangbayi, dilanjutkan penyampaian info dan edukasi tentang bayi gajah tersebut. Dan pengunjung diajak berinteraksi dengan  menebak kuis  berhadiah. Seperti pertanyaan berapa berat badan Arinta sekarang? Bagi pengunjung yang menjawab  mendekati benar, mendapatkan hadiah yang sudah disediakan.

Selain itu, Tim GL  Zoo juga melangsungkan kegiatan  live melaui IG GL Zoo, dimana sebelumnya GL Zoo juga mengadakan kuis tentang menebak berat badan Arinta melalui sosial media.  Bagi pemenang  disediakan  hadiah  ekslusif. Pemenangnya diumumkan melalui IG GL Zoo. 

Acara berlanjut dengan pemberian tumpeng buah dan beberapa kado berisi pakan yang ditempatkan di tengah kandang. Dan kemudian  mahout (perawat gajah) menggiring Arinta, untuk membuka kado dan menikmati tumpeng sebagai bentuk seremoni perayaan ultah tersebut. Sembari MC Alit mengajak para pengunjung menyanyikan lagu Selamat Ulang Tahun.

"Jelang Ramadhan  kali ini,  GL Zoo rencana  akan memberlakukan beberapa kebijakan dan persiapan menyambut Lebaran. Kebijakan selama bulan puasa nanti, kebun binatang yang dikelolanya  hanya akan buka operasional pada  Sabtu dan Minggu saja, mulai  pukul 09.00-15.00. Masih selama bulan puasa, tetap menerima kunjungan Zoopeda (kegiatan bersepeda di GL  Zoo) pada Sabtu dan Minggu pagi. “Untuk hari biasa tutup, menghormati yang sedang berpuasa,” kata Dirut GL Zoo, KMT A. Tirtodiprtojo.

Kebun binatang di Yogyakarta ini buka normal kembali mulai 25 April 2022. Selama tutup, karyawan GL Zoo tetap masuk kerja merawat  satwa seperti biasa. Juga, sekaligus mengoptimalkan perbaikan, pembangunan, fasilitas maupun sarana prasarana guna menyambut libur Lebaran.

Berkait satwa baru yang dihadirkan di kebun binatang ini seperti  macan tutul Jawa, harimau Sumatera, dan teranyar adalah singa betina.

“Sebelumnya juga telah kami datangkan singa jantan. Dengan hadirnya   inga betina  dan keberadaan singa jantan, tentunya akan menarik pengunjung," harapnya.

Ia berharap pengunjung GL Zoo  tetap  melakukan kunjungan secara aman dan nyaman selama berwisata di kebun bintang tersebut, dengan  tetap menjalankan prokes. (Nuryanto/ade)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:19
06:20
02:53
02:49
02:12
Viral