Pantai Kukup Gunungkidul, DIY, yang menjadi salah satu tujuan pengunjung dalam tradisi Padusan..
Sumber :
  • Tim tvOne - Lucas Didit

Tradisi Padusan, Tim SAR Antisipasi Pengunjung Pantai Meningkat

Jumat, 1 April 2022 - 12:32 WIB

Gunungkidul, DIY - Tim SAR Wilayah II, Gunungkidul, Yogyakarta, mengerahkan seluruh personel, atau 64 orang anggotanya, untuk pengamanan dan  mengawasi pelaksaaan tradisi padusan, sehari menjelang Ramadhan. Diprediksi, kunjungan ke pantai akan meningkat pada tradisi tahunan ini.

Menurut Koordinator SAR Wilayah II, Marjono, pihaknya sudah melakukan persiapan untuk antisipasi melonjaknya kunjungan saat tradisi padusan yang berlangsung Jumat (1/4/2022) hari ini dan besok.

"Persiapan sudah kami dilakukan, dan seluruh personil akan dikerahkan untuk memberikan kenyamanan pada pengunjung di kawasan pantai, mulai dari Pantai Poktunggal hingga Pantai Gesing," kata Marjono, Jumat (1/4/2022).

Tidak hanya dilakukan pemantauan dari masing-masing Pos SAR, namun juga personil juga melakukan patroli di area pasir  pantai.

“Dari Pos SAR kami memantau dan memberikan himbauan menggunakan pengeras suara. Mengingat ada sejumlah titik di setiap pantai yang memiliki area berbahaya,” lanjutnya.

Selain itu, Marjono menegaskan, pengawasan tidak hanya menyangkut keselamatan pengunjung, namun juga pengawasan protokol kesehatan. Upaya ini sebagai upaya mengurangi resiko penularan Covid-19 di kawasan pantai.

“Kami mengimbau agar para pengunjung yang melakukan tradisi padusan dapat mematuhi protokol kesehatan, sehingga mata rantai penyebaran Covid-19 dapat ditekan,” pungkas Marjono. (Lucas Didit/Buz)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:02
01:32
04:19
01:51
04:21
03:35
Viral