Warga blokir pintu masuk tempat pembuangan akhir sampah Piyungan Bantul, Selasa (10/5/2022)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Santosa Suparman

Protes Terdampak Limbah Sampah, Warga Blokir TPST Piyungan Bantul

Selasa, 10 Mei 2022 - 16:33 WIB

Bantul, DIY - Habis sudah kesabaran warga Dusun Banyakan Piyungan Bantul Yogyakarta yang selama ini menerima dampak akibat adanya tumpukan sampah yang sudah overload di Tempat Pembuangan Sampah Terpadu ( TPST ) Piyungan Bantul Yogyakarta.

Geram karena puluhan tahun menerima dampak adanya sampah dan sering menyampaikan keluhan namun tidak mendapat perhatian oleh pemerintah, warga Dusun Banyakan, Desa Sitimulyo, Kecamatan Piyungan, Bantul, secara sepihak menutup TPST Piyungan, mulai Sabtu ( 7/5/2022) hingga batas waktu belum ditentukan.

Pemukiman masyarakat Dusun Banyakan berjarak kurang dari empat kilometer dari TPST, namun warga selama 28 tahun terdampak langsung limbah sampah baik dari dari aliran lindi maupun sampah fisik ketika musim hujan tiba. 

Koordinator aksi Herwin Arfianto menyatakan gerakan ini menolak keras transisi pembuangan sampah ke lahan baru di sebelah utara TPST Piyungan dengan luasan 2,1 hektar, menolak adanya pembebasan lahan dan sepakat untuk menutup permanen. Menurutnya penutupan ini legal.

“Penutupan legal dilakukan karena sesuai instruksi Surat Edaran (SE) nomor 188/41512 tanggal 20 Desember 2021 yang diketahui kepala Dinas Lingkungan Hidup dan kehutanan Diy Kuncoro Cahyo Aji, TPST Piyungan ditutup Maret 2022,” ungkap Herwin Arfianto saat ditemui ketika berada di lokasi penutupan.

Herwin menambahkan hingga sampai batas instruksi yang diberikan, namun hingga Mei ini TPST masih dipaksakan pengelola untuk pembuangan sampah.

" Padahal kondisi tampungan sudah memprihatinkan dan tidak mungkin lagi dipaksakan dibuangi sampah. Jika dipaksakan hanya akan memperparah dampak kepada masyarakat Dusun Banyakan kedepan. Namun juga dusun-dusun lainnya,” ujarnya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
06:48
02:28
Viral