Suasana Balaikota Yogyakarta jelang berakhirnya masa jabatan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Yogyakarta 22 Mei 2022.
Sumber :
  • Tim tvOne - Nuryanto

Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Purwadi Pastikan Maju Dalam Pilwali 2024

Kamis, 19 Mei 2022 - 17:35 WIB

Yogyakarta, DIY - Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi memastikan niatnya untuk kembali maju mencalonkan diri sebagai Wali Kota Yogyakarta pada Pemilihan Wali Kota (Pilwali) 2024 mendatang.

"Semoga masih diberikan kesehatan dan saya siap kembali mencalon," kata Heroe Purwadi saat syawalan bersama wartawan, Kamis (19/5/2022).

Heroe mengatakan, meski dirinya usai menjabat sebagai wakil wali kota pada 22 Mei mendatang namun tetap akan disibukkan dengan sejumlah kegiatan lantaran masih mengemban jabatan di sejumlah organisasi.

"Saya masih akan berada di tengah-tengah masyarakat dan kembali mengajar," katanya.

Sekretaris PAN Kota Yogyakarta, Rifki Listianto memastikan bahwa partainya akan tetap mengusung Heroe sebagai calon Walikota di 2024 mendatang. Hal ini juga merupakan rekomendasi yang dihasilkan dalam Musyawarah Daerah PAN beberapa waktu lalu.

"Itu sudah ditentukan dalam Musda PAN. Jadi tidak bisa belok-belok lagi," ucapnya.

Menurut Rifki, proses penentuan calon Walikota baru akan dilaksanakan pada gelaran pemilihan legislatif (Pileg) 2024 mendatang. Jika suara PAN mencukupi sesuai dengan ketentuan KPU maka bisa mengusung calon Walikota.

"Kalau PAN kursinya 20 persen, maka bisa mencalonkan Walikota sendiri. Target kami 2024 mendatang bisa mendapatkan sembilan kursi. Artinya 20 persen lebih," ungkapnya.

Rifki juga tidak menampik bahwa komunikasi dengan sejumlah partai politik lain masih terus berlangsung. Hanya saja sifatnya masih cair dan dinamis.

Sementara, Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti, juga menyampaikan pesan pesannya agar pembangunan di Yogyakarta bisa meneruskan Rancangan Pembangunan Jangka Menengah (RPJM).

" Saya tidak terlau banyak membebani pak PJ atau bu PJ, saya kan juga belum tau ya... yang penting RPJM diteruskan, karena beliau tidak membuat, tapi meneruskan. Nah, harapan saya segera koordinasi dgn teman-teman pemkot, apa saja yg belum tercapai, itu kan ada dalam memori masa jabatan saya nanti. Ini kan diteruskan RPJM , ngga ada yang baru, hanya diperpanjang dan dipertajam," ungkapnya.

Dengan nada santai Haryadi juga menambahkan setelah usai menjabat sebagai Wali Kota dirinya akan fokus keluarga.

" Konsolidasi dulu, di rumah dulu, ternak teri, nganter anak nganter istri, ngga harus langsung gini gini, ngga lah. Keberadaan saya harus tetap memberi manfaat bagi manusia lain, ngga ada target apa-apa lagi," pungkasnya. 

Terkait siapa calon penggantinya, Haryadi menegaskan bahwa dinamika politik akan terus terjadi. Selepas nanti siapa yang akan menjabat Wali Kota Yogyakarta, Haryadi pun akan tergantung terhadap keputusan keputusan politik.

Ketika ditanya apakah istrinya yang bernama Tri Kirana Muslidatun, Haryadi menegaskan semua itu keputusan istrinya dan sebuah kebebasan dalam melihat situasi politik yang ada.

" Masih terlalu jauh nanti dinamikanya sepeti apa, politiknya seperti apa, kira-kira begitu saja. Pokoknya semua terhantung dari keputusan politik, itu juga keputusan istri saya, bukan keputusan saya. Saya selaku suami dan mantan Wali Kota Yogyakarta memberi kebebasan pada istri saya untukk membaca dinamika poltik," pungkas Haryadi. (Nur/Buz) 

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:16
01:54
01:38
00:54
01:06
02:40
Viral