Mantan ketua umum PP Muhammadiyah, Prof. Dr. H. Ahmad Syafii Maarif.
Sumber :
  • via laman resmi Muhammadiyah

Profil Prof. Dr. H. Ahmad Syafii Maarif, Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah

Jumat, 27 Mei 2022 - 11:23 WIB

DI Yogyakarta - Berita duka datang dari salah satu tokoh Muhammadiyah, Prof. Dr. H. Ahmad Syafii Maarif. Cendekiawan muslim Buya Syafii meninggal dunia hari ini Jumat, 27 Mei 2022 pukul 10.15 WIB di RS PKU Muhammadiyah, Gamping. 

Sebelumnya Buya Syafii sempat dua kali dirawat di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gamping, Sleman akibat serangan jantung ringan dan gejala sesak napas. Wafatnya Buya Syafii merupakan duka bukan hanya untuk warga Muhammadiyah, tetapi juga Indonesia.

Berikut Profil Prof. Dr. H. Ahmad Syafii Maarif

Lahir dari didikan Muhammadiyah, Ahmad Syafii Ma'arif dikenal sebagai salah satu tokoh dan pemikir Islam di Indonesia. Ia pun menjadi Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Ahmad Syafii Maarif atau yang akrab disapa Buya Syafii, Sumpur Kudus, Sumatera Barat pada 31 Mei 1935. Ia besar dari keluarga sederhana di perkampungan Sumatera Barat. 

Buya Syafii mengenyam sekolah dasar di dekat rumahnya dalam waktu singkat, hanya lima tahun. Selain sekolah umum, ia juga sekolah agama di ibtidaiyah Muhammadiyah Kampung Sumpur, Sumatera Barat.

Setelah lulus sekolah dasar, Buya Syafii melanjutkan ke tingkat menengah di Madrasah Muallimin Muhammadiyah Lintau, Sumatera Barat. Lulus dari sana, ia hijrah ke Yogyakarta untuk meneruskan ke jenjang SMA di Madrasah Muallimin Yogyakarta milik organisasi Muhammadiyah.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:31
02:44
03:34
06:26
09:41
20:11
Viral