Perkumpulan Perempuan Wirausaha Indonesia dorong UMKM Mikro atau dibawah mikro naik kelas, Rabu (8/6/2022).
Sumber :
  • tim tvOne - Nuryanto

Perempuan Wirausaha di Yogyakarta Wadahi UMKM Mikri Naik Kelas

Jumat, 10 Juni 2022 - 12:58 WIB

Yogyakarta, DIY - Perempuan Wirausaha di Yogyakarta Wadahi UMKM Mikri (dibawah Mikro) naik kelas. Sebagian usaha kecil yang ditampung merupakan usaha kuliner yang diproduksi perempuan, remaja hingga ibu ibu di Yogyakarta. Selain mewadahi usaha mikri, perempuan wirausaha juga memberi pelatihan terutama bagaimana berjualan produl secara online atau go digital.

Komitmen mendorong UMKM Mikri (dibawah Mikro) disampaikan saat DPD Perkumpulan Perempuan Wirausaha Indonesia (Perwira) Daerah Istimewa Yogyakarta melantik kepengurusan baru periode 2021-2026, di Kota Yogyakarta, Rabu (8/6/2022). Mereka menegaskan, dorongan naik kelas bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), bakal terus digenjot.

Ketua DPD Perwira DIY, Rifzika Lifia menandaskan, UMKM naik kelas merupakan salah satu program pokok yang akan digarapnya selama lima tahun kedepan. Bukan tanpa sebab, di Yogyakarta sendiri tersebar banyak usaha kecil, yang sejatinya memiliki potensi untuk dikembangkan lagi.

"Jadi, di Yogyakarta ini banyak sekali usaha mikri, di bawah mikro itu, karena saking kecilnya. Kita akan berupaya agar mereka bisa naik kelas," kata Ketua DPD Perwira DIY, Rifzika Lifia, seusai pelantikan.

Rifzika menjelaskan, usaha mikri tersebut meliputi beragam sektor. Namun, untuk di Yogyakarta, genre kuliner memang sangat mendominasi. Sebab, sebagian besar dibidangi oleh perempuan atau ibu rumah tangga usahanya itu bermula dari dapur yang sudah menjadi aktivitas sehari-hari. 

"Karena ibu-ibu tidak pernah lepas dari dapur. Mereka membuat makanan, atau camilan untuk penuhi kebutuhan rumah tangga. Tapi, tahu hasilnya bagus, akhirnya iseng-iseng dijual. Nah, mereka itu termasuk sasaran kami, coba dibantu pemasaeannya ke masyarakat," katanya.

Lebih lanjut Rifzika mengatakan, tidak hanya di sektor pemasaran, ia juga memberikan dukungan penuh seandainya para pengusaha kecil itu membutuhkan sokongan modal. Terlebih, saat ini organisasinya sudah membentuk koperasi khusus, hingga menjalin kerjasama dengan beberapa perbankan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:25
01:50
23:20
10:14
01:42
10:39
Viral