Suasana Pasar Hewan Siyonoharjo, Gunungkidul, Yogyakarta..
Sumber :
  • Tim tvOne - Lucas Didit

Cegah PMK, Peternak di Gunungkidul Transaksi Jual Beli Secara Daring

Senin, 20 Juni 2022 - 10:49 WIB

Gunungkidul, DIY - Guna menekan penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada ternak di Gunungkidul, Yogyakarta,berbagai upaya kini tengah dilakukan. Salah satunya yaitu dalam hal transaksi jual beli ternak.

Menurut Pengelola Pasar Hewan Siyono, Playen, Gunungkidul, Isnaning Suindarti, para peternak saat ini diarahkan untuk melakukan transaksi secara daring/online.

"Mereka (penjual dan pembeli) sudah mulai kami arahkan untuk transaksi jual beli lewat pesan WhatsApp," kata Isnaning, Senin (20/06/2022).

Transaksi ternak di pasar hewan, lanjutnya, membuat potensi penyebaran PMK kian meningkat. Sementara jika dilakukan secara daring (online), maka transaksi cukup dilakukan dari rumah masing-masing.

Pihak pasar memfasilitasi dengan membuat grup percakapan yang berisi 70 pedagang sebagai anggotanya. Lewat grup ini, para pedagang melakukan penawaran ternak yang hendak dijualnya ke pembeli.

"Jadi seperti perdagangan online pada umumnya, negosiasi dilakukan secara daring, kalau sepakat harganya, ternak bisa langsung diambil sendiri atau diantar," terang Isnaning.

Selain untuk transaksi, isnaning mengatakan, pihaknya juga memanfaatkan grup percakapan ini untuk menyampaikan informasi terkait PMK, mulai cara penanganan hingga perkembangan terakhir (update) kasus ini.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:49
01:41
01:47
06:30
01:40
02:00
Viral