Mahasiswa Akuntansi UII juara dunia kompetisi simulasi bisnis manufaktur..
Sumber :
  • Tim tvOne - Andri Prasetyo

Hebat! Mahasiswa Akuntansi UII Yogyakarta Juara Dunia Kompetisi Simulasi Bisnis Manufaktur

Selasa, 28 Juni 2022 - 22:22 WIB

Sleman, DIY - Sebanyak lima mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika (FBE) Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta, berhasil menjadi juara dunia pada 14th ERPSim International Competition, di HEC Montreal ERPSim Lab, Kanada.

Kelimanya tergabung dalam tim Antares, yakni Humam Naufal Tsuraya, Javier Erlandaffa Satria Dwikamba, Bayu Aji Faundra Pratama, Saphira Pricillia Estuarine, dan Dyah Ayu Puspaningrum. Mereka bisa menyingkirkan 20 tim lain yang berasal dari universitas ternama di berbagai belahan dunia.

"Perasaan kita tentu bangga, bersyukur bisa diberikan kesempatan ini. Tentu semuanya berkat peran pelatih, prodi, dan semua fasilitas yang ada," kata salah seorang anggota tim, Saphira, Selasa (28/6/2022).

Seperti diketahui, ERPSim merupakan sebuah kompetisi simulasi bisnis manufaktur yang menggunakan aplikasi Enterprise Resource Planning (ERP) yaitu ERP-SAP dan SAP S/HANA yang dimainkan oleh lima anggota dalam satu tim.

Dalam kompetisi ini, setiap tim bersaing untuk menyusun strategi dalam mengoptimalkan proses bisnis sehingga akan tercipta efektivitas dan efisiensi dalam perdagangannya.

Strategi tersebut melibatkan faktor-faktor yang mempengaruhi sales (penjualan) yaitu procurement (pembelian raw material), production (produksi raw material menjadi finished goods), marketing, dan analisis pasar.

Produk yang dijual dalam bisnis ini berupa Cereal Muesli yang terdiri dari 2 ukuran yaitu 500gr dan 1kg serta terdiri dari beberapa rasa yaitu nut, blueberry, strawberry, raisin, dan mixed fruit.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
11:14
04:24
04:36
09:59
01:57
01:51
Viral