Salah satu instrumen musik tradisional Rinding Gumbeng berbahan baku bambu..
Sumber :
  • Tim tvOne - Lucas Didit

HUT RI ke-77, Rinding Gumbeng Gunungkidul Diundang Tampil di Istana Negara

Senin, 15 Agustus 2022 - 10:10 WIB

Gunungkidul, DIY -- Pernahkah anda mendengar atau menonton kesenian tradisional Rinding Gumbeng khas Kalurahan Beji, Kapanewon Ngawen, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta yang sudah ada sejak zaman dahulu? Kesenian berbahan baku bambu ini menciptakan alunan musik khas nan indah, dinamis, dan ekspresif. 

Nah siapa sangka jika kesenian Rinding Gumbeng ini diundang untuk tampil di Istana Negara, dalam peringatan HUT RI ke 77 pada tanggal 17 Agustus 2022 mendatang.

Hal tersebut diungkapkan oleh salah satu pegiat kesenian tradisional Gunungkidul, Purnawan Widayanto, yang pada Juli lalu mendapatkan undangan untuk mengisi acara di Istana Negara saat Hari Kemerdekaan. 

Purnawan sendiri awalnya tak percaya, mengingat tampil di Istana Negara, khususnya dalam acara HUT RI merupakan acara sakral dan bergengsi.

"Beberapa waktu lalu kan Rinding Gumbeng masuk pada warisan kesenian tradisional secara nasional. Dari situlah kami mendapat kabar baik untuk tampil pada peringatan Hari Kemerdekaan di Istana Negara,” kata Purnawan, Senin (15/8/2022).

Dalam menyongsong acara tersebut, pihaknya kemudian melakukan latihan intensif. Nantinya, selain membawakan lantunan musik Rinding Gumbeng, kelompok  ini juga membawakan lagu daerah lain, termasuk lagu nasional.

"Jadi nantinya kita 20 orang pemain dan sinden Rinding Gumbeng akan bermain secara kolaborasi,” imbuhnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:52
02:08
02:13
01:10
01:07
03:09
Viral